20 Tahun Terbangkan Pesawat Komersial, Aksi Pilot Palsu Terbongkar Gara- Gara Ini

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Kisah Pilot Palsu, 20 Tahun Terbangkan Pesawat Komersial.

Banyak orang yang ingin menjadi pilot. Padahal untuk menjadi pilot tidak mudah. Para pilot butuh latihan bertahun-tahun sebelum akhirnya bisa mendapat lisensi untuk menerbangkan pesawat.

Bacaan Lainnya

Tapi mungkin itulah yang mendorong lelaki bernama William Chandler ini untuk menjadi pilot palsu alih-alih mengikuti latihan yang semestinya.

Dilansir Guideku.com dari Mirror, Chandler diketahui sudah menjadi pilot selama 20 tahun lamanya di South African Airways (SAA).

Walau begitu, penyamarannya ini terbongkar saat Chandler mendapat kontrol untuk mengemudikan pesawat dan malah membuat pesawat melakukan manuver yang membingungkan.

Dalam penerbangan dengan rute OR Tambo International Airport ke Jerman tersebut, pesawat tiba-tiba tertangkap melakukan gerakan aneh di atas langit Swiss.

Laporan SAA menyebutkan, ”Ada beberapa gerakan aneh saat pesawat di udara dan tidak dimengerti oleh siapa pun, bahkan oleh kru kabin lainnya.”

”Ketika mendarat, mereka harus menulis laporan keselamatan, dan ternyata ada masalah dengan pesawat akibat gerakan aneh yang telah dilakukan.”

Dari sanalah, pihak maskapai mulai menaruh curiga dan melakukan investigasi atas William Chandler.

Setelah 20 tahun lamanya, akhirnya pihak SAA pun mengungkap bahwa lisensi pilot yang selama ini digunakan Chandler palsu.

Tak hanya itu, Chandler sendiri juga menolak dipromosikan ke posisi kapten karena promosi itu mengharuskannya untuk mengumpulkan sertifikat lisensi terbang.

Padahal, pilot-pilot lainnya yang bergabung di tahun yang sama dengan Chandler sudah lama diangkat ke posisi kapten pesawat.

Diketahui pula, Chandler sebelumnya bekerja di South African Airways sebagai insinyur penerbangan sebelum akhirnya beralih menjadi pilot.

Chandler pun akhirnya memilih untuk mengundurkan diri sebagai pilot, pasca kabar bahwa dirinya memalsukan lisensi pilot beredar dan investigasi dilakukan. (*)

Pos terkait