Wisata

Bireun Wakili Aceh dalam HUT Ke-44 TMII

Kumbanews.com – Dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ke-44 tahun, Pemerintah Provinsi Aceh akan mengirimkan delegasi mereka ke Jakarta. Kali ini, daerah yang dipercayakan untuk mengisi berbagai kegiatan di TMII adalah Kabupaten Bireun. HUT tersebut akan berlangsung pada 19 hingga 21 April 2019.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA), Almuniza Kamal melalui Ka. Subbid Promosi dan Pameran/Pimpinan Anjungan Aceh TMII Jakarta, Cut Putri Alyanur.

Dia mengatakan, seluruh delegasi seni budaya dari seluruh propinsi di Indonesia akan turut berpartisipasi dan mengikuti gelar acara itu serta menjadi saksi sejarah budaya, termasuk Aceh. “Karena itu, Pemerinah Aceh  mempercayakan Kota Juang Bireun untuk ikut andil dalam semua kompetisi seni yang digelar,” ujar Cut Putri Alyanur.

Adapun kegiatan yang akan diikuti oleh wakil resmi delegasi budaya Pemerintah Aceh ini adalah Festival Kuliner, Festival Seni Bela, Ekspo Nusantara, Pawai budaya Nusantara, dan Gita Natya Nusantara.“Ini kegiatan perdana untuk Bireun mewakili misi budaya Aceh di HUT TMII,” kata dia.

Selain itu, delegasi seni dari kabupaten Bireun tersebut nantinya juga turut memberi andil dan  terlibat dalam Pameran bersama Museum seluruh Indonesia di Sasana Kriya TMII.

“Sedangkan pertunjunjukkan non kompetisi adalah Gita Natya Nusantara. Pada sesi ini, nanti Bireun akan menampilkan tari Sufi kebanggan Aceh, yaitu Rabbani Wahid, yang telah dikemas dalam tajuk Pakateun Aneuk Nanggroe,” ujarnya. (*)

Facebook Comments
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top