Politik

Debat Pilpres Putaran Keempat, Polda Metro Jaya Terjunkan 5.000 Personel

Ilustrasi

Kumbanews.com – Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya menerjunkan 5.000 personel gabungan yang bakal melakukan pengamanan debat Pilpres 2019 putaran keempat di Hotel Shangri La, Sabtu (30/3).

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Argo Yuwono mengatakan pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Komando Daerah Militer Jakarta Raya (Kodam Jaya).

“Lima ribu personel gabungan TNI-Polri, ada Pemda, ada kesehatan, pemadam dan sebagainya,” kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Kamis 28 Maret 2019.

Sama seperti pengamanan debat sebelumnya, pola pengamanan debat putaran keempat mendatang juga akan menggunakan pola empat ring pengamanan.

Pada ring satu, pengamanan tetap akan dilakukan oleh pasukan pengamanan presiden (paspampers). Untuk ring satu, dikatakan Argo, akan ada pembatasan akses.

Artinya, hanya orang-orang yang memiliki ID khusus dari KPU saja yang boleh masuk. Selain itu, yang juga diperkenankan masuk adalah tamu undangan VIP.

“Semuanya orang yang mau masuk itu kita cek, ada ID card yang sudah dikeluarkan oleh KPU, ID card itulah yang boleh masuk di sana,” ujarnya.

Kemudian, ring dua dan ring tiga merupakan area bagian dalam hotel dan halaman hotel. Area tersebut akan dijaga oleh personel Polri maupun personel TNI.

Lalu, ring empat adalah area menuju ke tempat lokasi debat. Untuk ring empat itu, Argo menuturkan pihaknya akan melakukan pengaturan agar jangan samai terjadi kemacetan.

“Semuanya kita atur jangan sampai ada kemacetan yang panjang,” ucap Argo.

Lebih lanjut, Argo menuturkan untuk penerapan rekayasa lalu lintas akan bersifat situasional dengan melihat situasi dan kondisi di lapangan. Rekayasa lalu lintas akan disiapkan oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

“Intinya nanti apakah ada pengalihan arus, contraflow, buka tutup itu namanya rekayasa lalu lintas itu situasional,” tuturnya.

Debat Pilpres 2019 putaran keempat dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (30/3) pukul 20.00 WIB di Hotel Shangri La, Jakarta Pusat. Untuk debat kali ini, hanya kedua calon presiden yaitu Joko Widodo dan Prabowo Subianto yang akan saling beradu argumen.

Debat keempat tersebut akan mengangkat tema ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, serta hubungan internasional. (*)

Facebook Comments
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top