Dunia

Gak Cuma Daging Babi, YouTuber Korea Mualaf Heran Islam Larang Alkohol

Kumbanews.com – YouTuber Korea Jay Kim mendapatkan banyak sorotan seteah dirinya memutuskan menjadi mualaf. Ia pun berganti nama menjadi Daud Kim. Sejak saat itu, ia menaruh ketertarikan pada Islam.

Meski demikian, identitasnya sebagai orang Korea tetap tidak bisa dilepaskan. Banyak budaya dan kebiasaan masyarakat Korea yang tidak lazim dilakukan oleh umat Muslim. Salah satunya, memakan babi dan minum alkohol.

“Tapi itu karakter orang Korea. mereka lebih jujur ketika meminum alkohol. Mereka biasanya pendiam tapi mereka jadi baik ketika mabuk, Alkohol juga haram bukan?” tanya Kim kepada Kim Eun Soo atau Karam, orang Korea yang telah lebih dahulu mendalami Islam.

Karam membenarkan bahwa Islam memang melarang konsumsi alkohol bagi umat Muslim. Meski demikian, lanjut Karam, Islam menyebut bahwa alkohol sendiri memiliki manfaat dan bahaya.

“Tapi keburukannya lebih besar dari kebaikannya dan dari pada manfaatnya makanya itu dilarang,” ungkap Karam.

Karam menjelaskan pada satu titik alkohol kerap membuat para peminumnya menjadi lebih berani. Ia mencontohkan bahwa secara historis, alkohol banyak digunakan oleh Kamikaze sebelum melancarkan aksinya.

“Mereka minum alkohol sebelum mulai untuk memiliki keberanian dan menerima kematian mereka. Tentu ada manfaatnya tapi kerugiannya jauh lebih besar,” ungkap Karam

Banyak orang pada mulanya meminum alkohol untuk membuat diri mereka lebih tenang dan melupakan masalah. Tapi hal itu tidak berhenti disitu. Saat telah kecanduan, orang seringkali kehilangan akal sehat.

“Beberapa orang menjadi binatang, mereka tidak ingat apa yang mereka katakan dan merreka menyakiti orang lain dengan perilaku buruk. Mereka tidak bisa mengendalikan jika terus minum akan berhenti bekerja,” lanjut dia.

Oleh karena itu, Islam melarang umat Muslim untuk mengonsumsi alkohol. Alasan lainnya ialah untuk melindungi pikiran manusia dari hal-hal negatif.

“Karena ketika minum kamu berhenti berpikir dan artinya kamu menjadi binatang. Jadi saya pikir itulah kenapa Islam melarang alkohol,” kata dia. (*)

To Top