Ini 10 Pesawat Tercepat Di Dunia

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Di masa lalu, dunia hanya bisa bermimpi untuk dapat terbang. Namun setelah

Wright Bersaudara menemukan dasar-dasar penerbangan untuk pesawat  terbang, segalanya telah berubah sejak saat itu. Kini pesawat terbang telah menjadi transportasi massal untuk dapat pergi ke berbagai belahan dunia dengan sangat cepat.

Bacaan Lainnya

Saat ini, ada banyak pesawat yang telah melampaui kecepatan suara, bahkan beberapa pesawat telah dapat melebihi kecepatan hingga diatas Mach 2. Pesawat tercepat di dunia saat ini telah membuktikan sejauh mana perkembangan teknologi penerbangan yang begitu cepat. Namun banyak pesawat tercepat di dunia saai ini didominasi oleh pesawat militer. Desain ini dimaksudkan untuk menyusup dengan cepat diwilayah yang berbeda.

Berikut adalah 10 pesawat tercepat di dunia saat ini seperti yang kami lansir dari laman wonderlist.com.

10. Sukhoi Su-27

Sukhoi Su-27 adalah salah satu pesawat tempur tercepat di dunia  dari Rusia yang sebanding dengan US F-15. Kecepatan tertinggi pesawat ini adalah 2.35 Mach. Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1985, lebih dari 800 unit pesawat telah dibuat.

Peran utama pesawat tempur Sukhoi Su-27 adalah untuk pertahanan udara jarak jauh dan juga digunakan untuk pengawalan pesawat lain yang digunakan sebagai pesawat pembom. Namun selain sebagai salah satu pesawat militer tercepat saat ini, ada juga beberapa perkembangan pada desainnya yang salah satunya adalah Sukhoi Su-30 yang merupakan pesawat tempur dua kursi untuk semua kondisi cuaca. Versi serupa juga dibuat oleh negara Cina dengan Shenyang J-11 nya.

9. General Dynamics F-111

Dalam berbagai versi, Pesawat tempur General Dynamics F-111  telah digunakan sebagai pesawat interdictor, bomber tempur dan bomber strategis dalam situasi yang berbeda. Namun dengan kecepatannya supersoniknya, F-111 membuatnya masuk dalam daftar kami.

 

Pesawat tempur General Dynamics F-111 memasuki AS pada tahun 1960-an. Pada tahun 1970-an Angkatan Udara Australia juga memesan pesawat ini.. Selama bertahun-tahun F-111 dianggap sebagai pelopor untuk beberapa teknologi baru termasuk mesin turbofan afterburning dan ayunan penyapu. Ini juga termasuk medan otomatis mengikuti radar yang berguna selam penerbangan kecepatan tinggi tingkat rendah. Kecepetan tertinggi F-111 adalah 2.5 Mach.

Sejak tahun 1990, pesawat ini telah pensiun. Sejak bertugas, ada sekitar 563 unit F-111 yang dibuat untuk Angkatan Udara AS dan Angkatan Udara Australia.

8. McDonnell Douglas F-15 Eagle

Pesawat tempur Twin Engine ini adalah pesawat tempur segala cuaca yang dirancang oleh McDonnell Douglas yang sekarang adalah Boeing. Pesawat ini pertamakali melakukan penerbangan pada 27 Juli 1972. Pesawat F-15 Eagle menjadi pesawat tempur favorit bagi banyak negara adalah karena kemampuan bermanuver dalam pertempuran yang menjadikannya sebagai pesawat tempur paling sukses di dunia.

Karena popularitasnya, Pesawat Tempur McDonnal Douglas F-15 Eagle, banyak negara menggunakan pesawat tempur tercepat di dunia ini seperti Israel, Arab Saudi, Jepang dan juga Amerika Serikat. Pesawat tercepat di dunia ini dapat terbang 2,5 kali lebih cepat dari kecepatan suara.

7. Mikoyan MiG-31

Mikoyan MiG-31 atau juga dikenal sebagai Foxhound adalah pesawat pencegat yang telah dikembangkan oleh Rusia untuk menggantikan pesawat tempur MiG-25 yang sudah tua. Pesawat militer tercepat di dunia ini masih digunakan oleh Angkatan Udara Rusia dan Angkatan Udara Kazakhstan hingga tahun 2030.

Pesawat ini dapat terbang tinggi dan rendah dengan kecepatan supersonik karena memiliki dua mesin yang sangat kuat. Pada ketinggian tinggi, kecepatannya mencapai 2,83 mach namun saat terbang pada ketinggian rendah kecepatannya bisa mencapai 1,23 mach.

6. XB-70 Valkyrie

Pesawat XB-70 Valkyrie ditenagai oleh enam mesin yang dapat mempercepat laju pesawat berbobot 240 kg menjadi tiga kali lebih kecepatan suara. Karena itu area disekitar pesawat bisa menjadi panas. Beberapa daerah mungkin bisa mencapai 330 derajad celsius.

Kecepatannya memiliki dua fungsi tertentu, Satu dirancang untuk mencapai tiga kali kecepatan suara karena digunakan untuk melarikan diri dari kejaran pesawat Rusia, Kedua, pesawat ini dirancang untuk menghindari ledakan nuklir.

5. Bell X-2 Starbuster

Pesawat tercepat di dunia selanjutnya adalah Bell X-2 Starbuster. Tidak seperti pesawat tercepat kami dalam daftar ini, Bell X-2 adalah pesawat untuk penelitian.Meskipun demikian, Pesawat ini layak dianggap sebagai pesawat tempur tercepat di dunia Tujuannya adalah untuk menemukan efek terbang dikisaran 2-3 mach.

4. Mikoyan MiG-25

Mikoyan MiG-25 adalah slah satu pesawat militer tercepat di dunia yang pernah dibuat. Pesawat ini adalah contoh dari superior teknologi pesawat Rusia. Mikoyan MiG-25 adalah pesawat langka yang memanfaatkan desain stainless steel dengan prototipe pertama dibuat di udara pada tahun 1964. Setelah beberapa tahun, pesawat ini mulai dioperasikan pada tahun 1970 dengan kecepatan tertinggi operasional mencapai mach 2.85.

Selain dikenal sebagai pesawat tempur tercepat di dunia, Mikoyan MiG-25 memiliki daya tembak yang bagus dengan rudal dan radar yang sama baiknya.

3. Lockheed YF-12

Lockheed YF-12 adalah pesawat pencegat yang dirancang untuk Angkatan Udara Amerika Serikat. Desain keseluruhannya berdasarkan pada pesawat pengintai Lockheed A-12. Apa yang membuat pesawat ini luar biasa adalah kemampuannya terbang lebih dari 2.000 mil / jam yang baru bisa dilampaui oleh Lockheed SR-71.

Prototipe ini tidak pernah diproduksi secara massal, Hanya 3 model YF-12 yang dibuat yang menelan biaya sekitar $ 15 hingga $ 18 per unit. Kecepatan pesawat ini dapat mencapai 3.2 mach pada ketinggian 74.000 kaki.

2. Lockheed SR-71 Black Bird

Lockheed SR-71 Black Bird merupakan pesawat pengintai tercepat di dunia milik Amerika Serikat. Tujuannya adalah untuk menjalankan ancaman selama misi. Hal lain tentang Lockheed SR-71 Black Bird adalah desainnya untuk mengurangi penampang radar.

Pesawat ini hanya beroperasi dalam batch kecil, Faktanya hanya 32 pesawat dari model ini yang digunakan dengan 12 hilang karena kecelakaan. Pesawat ini telah pensiun pada tahun 1966, Pesawat militer tercepat di dunia ini dapat mencapai kecepatan Mach 3+.

1. North American X-15

North American X-15 adalah pesawat tercepat di dunia saat ini yang merupakan pesawat ruang angkasa garis batas. Dengan kecepatan tertinggi 6,72 Mach  atau sekitar 4.520 mil / jam, tidaklah mengheranjikan jika North American X-15 merupakan pesawat hupersonik tercepat di dunia saat ini.

Pesawat ini merupakan pesawat percobaan roket berkecepatan tinggi eksperimental yang diperkenalkan pada tahun 1959. Penerbangan dari Amerika Utara X-15 dibuat melebihi ketinggian 80 km sehingga pesawat ini sudah diklarifikasi sebagai astronot. Namun dua penerbangannya dapat dianggap sebagai penerbangan ruang angkasa karena ketinggiannya melebihi 100 km. (*)

Pos terkait