Pendidikan

Kepala UPT SMKN 9: Menjadi Seorang Calon Guru Harus Menguasai 4 Kompetensi

Kumbanews.com – Kepala UPT. SMK Negeri 9 Makassar, Drs. Muhiding, M.Si pada Rabu (09/10/2019) kemarin, menyerahkan kembali mahasiswa PPG 3T UNM yang melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) selama 3 bulan untuk Kompetensi Keahlian Agribisnis Perikanan Air Payau dan Laut di SMK Negeri 9 Makassar kepada pihak PPG 3T UNM.

Dalam sambutannya Kepala UPT. SMK Negeri 9 Makassar, Drs. Muhiding, M.Si menyampaikan bahwa sebagai seorang calon guru, anda harus menguasai minimal 4 (empat) kompetensi diantaranya kompetensi professional, kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Ke-empat kompetensi tersebut harus melekat dalam diri seorang guru dan harus senantiasa diasah agar semakin tajam sehingga muncul karakter positif guru yang dapat digunakan dan ditiru oleh siswa sebagai peserta didik, sehingga menghasilkan siswa-siswa yang berkarakter serta kompeten sesuai dengan bidang keahlian yang dimilikinya.

lanjut, Muhiding juga mengatakan bahwa “selama pelaksanaan PPL mahasiswa PPG 3T dari UNM ini berlangsung, saya itu sering melakukan monitoring secara langsung ke kelas setelah anda mengajar dan tanpa kalian ketahui” dengan bertanya kepada siswa sebagai obyek dari kegiatan pembelajaran, “bagaimana cara mengajar itu guru-guru PPL?”, ternyata jawaban dari siswa-siswa semua mengatakan “sangat bagus pak, sering diputarkan video pembelajaran, tidak terlalu banyak berteori dan sering praktek pak, cara menjelaskan juga bagus ki pak, cepat ki mengerti”. Jadi, saya berkesimpulan bahwa cara mengajar anda sudah bagus dan memuaskan, pungkasnya.

Pada kegiatan penyerahan kembali mahasiswa PPL ini, pihak PPG 3T UNM yang diwakili oleh Drs. Tasri Ponta, M.Pd., menyatakan dalam sambutannya bahwa program PPG 3T yang dimaksudkan disini adalah program pendidikan profesi bagi Guru yang akan ditempatkan di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar), dimana sebagian besar daerah ini merupakan daerah tapal batas Indonesia dengan Negara lain.

Tasri Ponta juga menyampaikan ucapan terima kasih dari Bapak Rektor UNM kepada Bapak Kepala Sekolah, Guru Pamong serta seluruh guru dan staf Tata Usaha SMK Negeri 9 Makassar yang telah banyak membantu dan memfasilitasi sehingga pelaksanaan kegiatan PPL mahasiswa PPG 3T dari UNM ini berlangsung dengan baik, lancar dan sesuai dengan yang kita harapkan. Semoga kerjasama antara UNM dan SMK Negeri 9 Makassar semakin erat dan dapat terus ditingkatkan dimasa-masa yang akan datang, tutupnya. (*)

To Top