Metro

Thanks To Earth Makassar Gelap 2019

Kumbanews.com – Tahun ini Kota Makassar kembali berpartisifasi dalam kampanye global EARTH HOUR, yakni mematikan lampu dan peralatan listrik yang sedang tidak terpakai selama 1 jam pada hari Sabtu 30 Maret 2019.

Seperti kita tahu Indonesia merupakan negara dengan tingkat biodiversitasi tertinggi kedua di dunia setelah Brazil. Fakta tersebut menunjukkan tingginya keanekaragaman sumber daya alam hayati yang dimiliki Indonesia. Oleh karena itu, melalui momen ini diharapkan dapat menjadi inisiator perlawanan terhadap penggunaan sumber daya alam secara berlebihan dan pengurangan dalam penggunaan sampah plastik.

Duta EARTH HOUR Makassar Joko Budi, General Manager Aston Hotel and Convention Center

Koordinator Earth Hour Makassar Muhammad Basman, menyebutkan “kami hendak menginisiasi dukungan terhadap seluruh aksi tersebut diharapkan setiap individu yang berpartisifasi di EARTH HOUR tahun ini, berkomitmen untuk melakukan Aksi yang relevan untuk menyelamatkan lingkungan Indonesia bahkan dunia.Oleh karena alasan tersebut, Makassar Gelap tahun ini mengangkat tema “THANKS TO Earth ” sebagai bukti cinta kita dan sebagai bentuk rasa syukur atas apa yang telah disediakan bumi bagi kehidupan kita.

Lanjut, Muhammad Basman selaku koordinator, MakassarGelap adalah seremonial switch off EARTH HOUR Makassar yang pada tahun ini akan dipusatkan di nipah mall, mulai pukul 19.00 wita selesai.seperti tahun tahun sebelumnya, Kota makassar tetap meneruskan komitmennya untuk memadamkan lampu dibeberapa titik di Kota Makassar, diantaranya:

1.Nipah Mall (Main Venue)

2.Monumen Pembebasan Irian Barat Monumen Mandala (city landmark)

3.Anjungan City of Makassar (city landmark)

4.Lapangan Karebosi(city landmard)

5.Anjungan Bahari Pantai Losari, Anjungan Bugis makassar, Anjungan Toraja Mandar (city landmark)

6.Monumen Tugu Mandiri (city landmard)

7.Gedung Perkantoran di sepanjang Jl.Achmad Yani, Jl.Jenderal Sudirman , Jl.R.A.Kartini, Jl..Kajaolalido, Jl.Botolempangan, Jl.Ujung Pandang, Jl.Ribura’ne dan Jl. Penghibur

9.Beberapa hotel dan restoran di Kota Makassar.

10.Gedung Balaikota Makassar.

11.Megatron dan reklame.

Dan tahun ini juga, EARTH HOUR Makassar menggandeng Ir. H.Mohammad Ramdhan Pomanto(Walikota Makassar),Yunita Idol (public figure), Adi Saifullah putra (founder mall sampah), dan Joko Budi (General manejer Aston hotel & convention center).Sebagai duta Eath Hour Makassar yang secara aktif menyatakan dukungan terhadap gerakan earth hour serta berkomitmen untuk bergaya hidup hijau.” Ucap Muh.Basman saat kegiatan press release di Hotel Aston Makassar pada Rabu siang(27/03/2019).

Sementara Joko Budi sebagai duta EARTH HOUR dan selaku General manajer Aston Hotel Makassar, mengatakan “sebenarnya banyak sekali aksi aksi kecil yang dapat berpengaruh besar pada lingkungan. Sekarang semua itu bergantung pada kemauan kita  untuk memperbaiki lingkungan dan menghemat sumber daya alam, oleh karna terkait dengan lingkungan dan bahaya sampah plastik di hotel kami telah melakukan upaya tidak memberikan tamu lagi dengan air meniral yang dalam kemasan botol plastik, diganti dan tidak bersifat botol  lagi.untuk bisa mengurangi ketergantungan plastik yang zat nya tidak bisa hancur dan berbahaya bagi lingkungan bumi ini. Untuk para generasi penerus selanjutnya,kesadaran adalah langkah awal yang akan membawah diri kita sadar betapa pentingnya bumi kita ini dan harus berawal dari diri sendiri.”Ucap  Joko Budi.

 

 

Muh. Yusuf Hafid

Facebook Comments
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top