2 Lensa Super Telephoto Kamera Canon EOS R Meluncur di Indonesia

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Canon melalui PT. Datascrip sebagai distributor tunggal resmi menghadirkan dua seri lensa super telephoto untuk para pengguna kamera Canon mirrorless full-frame seri EOS R, yaitu lensa RF400mm f/2.8L IS USM dan RF600mm f/4L IS USM.

Kedua lensa ini masuk dalam kategori L Series dan dapat diandalkan para fotografer profesional yang mengutamakan kualitas gambar, performa, dan daya tahan yang optimal saat memotret.

“Dengan kehadiran dua lensa super telephoto ini semakin menegaskan komitmen kami untuk terus mengembangkan ekosistem lensa RF demi memenuhi kebutuhan para penggemar fotografi di berbagai genre,” tutur Head of Marketing Division Canon Business Unit PT Datascrip Syailendra Kamdani dalam keterangan resmi yang diterima, Sabtu (11/9/2021).

Lensa RF400mm f/2.8L IS USM dan RF600mm f/4L IS USM mewarisi desain optik maupun mekanis lensa Canon EF400mm f/2.8L IS III USM serta EF600mm f/4L IS III USM. Karenanya, kedua lensa RF ini memiliki bobot ringan dan memiliki peningkatan siginifikan pada kualitas optik.

Dengan menggabungkan dua fluorite lens elements dan satu Super UD lens element, RF400mm f/2.8L IS USM dan RF600mm f/4L IS USM mampu mengoreksi aberasi kromatik termasuk menghasilkan tampilan kontras yang istimewa.

Berkat karakteristik RF mount yang memiliki diameter dudukan besar membuat jarak fokus minimum bisa lebih dekat yaitu 2,5m untuk RF400mm f/2.8L IS USM dan 4,2m untuk lensa RF600mm f/4L IS USM.

Canon menyertakan teknologi Air Sphere Coating (ASC) pada kedua lensa ini yang dapat secara efektif mengendalikan kemunculan efek ghosting dan flaring.

Kedua lensa telephoto ini juga sudah dilengkapi dengan Image Stabilizer (IS) yang dapat mencapai 5,5 stop dan berguna untuk melakukan pemotretan di kondisi minim cahaya. Lensa RF400mm f/2.8L IS USM dan RF600mm f/4L IS USM memiliki tiga mode IS yang dioptimalkan agar sesuai dengan gerakan subjek saat memotret.

Mode 1 untuk subjek yang tidak bergerak, mode 2 ideal untuk bidikan panning, serta mode 3 untuk subjek dengan gerakan tidak teratur, seperti saat memotret pertandingan bola basket di mana pergerakan pemain tidak dapat diprediksi.

Kebutuhan Merekam Video

Lensa Canon RF400mm f/2.8L IS USM dan RF600mm f/4L IS USM didesain juga untuk kebutuhan perekaman video dengan memberikan kontrol pencahayaan lebih baik. Penyesuaian 1/8 stop pada mode Movie Shooting memungkinkan kecerahan diubah lebih mulus, dibanding dengan penyesuaian 1/3 stop yang diterapkan pada lensa EF.

Untuk keandalan dan daya tahan, kedua lensa ini didesain khusus dengan weather sealing untuk mencegah debu dan tetesan air masuk. Selain itu, RF400mm f/2.8L IS USM dan RF600mm f/4L IS USM dilapisi pelindung warna putih yang ikonis, khas lensa telephoto profesional Canon.

Bagi pengguna yang membutuhkan jangkauan ekstra, kedua lensa super telephoto ini kompatibel dengan extender RF yang ada, yaitu RF 1.4x dan RF 2x. Misal, jika RF600mm f/4L IS USM dipasangkan dengan extender RF 2x, pengguna dapat meraih focal length hingga 1200mm.

Adapun untuk harga, Canon RF400mm f/2.8L IS USM dipasarkan dengan harga Rp224.000.000. Sementara Canon RF600mm f/4L IS USM dijual dengan harga Rp244.000.000.

Proyektor Mini Canon MP250, Gadget Unik untuk Dukung Nonton dan Kerja Remote

Sebelumnya, Datascrip, distributor resmi Canon di Indonesia, merilis proyektor portabel mini Canon MP250. Proyektor ini berukuran 12x12x3,3 cm dan bobot 407 gram yang membuatnya mudah dibawa ke mana pun untuk mendukung pekerjaan atau menonton bersama.

Proyektor Canon MP250 dipasarkan dengan harga Rp 6,9 juta. Produk ini diklaim mampu menampilkan gambar hingga 93 inci hanya dari jarak 3 meter.

Canon Business Unit Director PT Datascrip Monica Aryasetiawan mengatakan, proyektor Canon MP250 ini mampu menjawab kebutuhan pekerjaan dengan mobilitas tinggi tanpa harus bergantung pada ketersediaan perangkat proyektor di tempat meeting.

“Proyektor ini juga dapat dibawa liburan, untuk merasakan pengalaman serunya menonton film di mana pun,” katanya, dikutip dari keterangan Datascrip, Senin (16/8/2021).

Proyektor Canon MP250 ditenagai prosesor Quad-Core 1,5GHz dan SDRAM 2GB sehingga diklaim lancar untuk memutar video, termasuk yang berformat 4K.

Proyektor ini juga didukung OS Android 7.1.2 sehingga tidak harus terhubung ke komputer untuk menampilkan file presentasi atau memutar film.

Pengguna hanya perlu memasukkan flash disk USB atau slot kartu micro SD untuk menayangkan konten. Canon MP250 juga didukung memori internal 4GB untuk menyimpan video, foto, dan dokumen kantor.

Proyektor ini digadang-gadang user friendly, karena pengguna hanya perlu mengoperasikan melalui smart touchpad dan keyboard virtual hanya dengan 2 jari (untuk zoom dan scrolling).

 

 

 

Liputan6

Pos terkait