Nasional

Tweet of The Year! Cuitan Lawas Jokowi Promosikan Pariwisata di Tengah Corona

Kumbanews.com – Pandemi virus corona Covid-19 terus menuai beragam reaksi publik dari hari ke hari. Di lini masa Twitter, warganet justru kembali mengungkit cuitan lawas Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Cuitan tersebut tak lain mengenai Jokowi yang mempromosikan sektor pariwisata ketika virus corona melanda China pada pertengahan Februari.

Jokowi bahkan secara gamblang, mengungkap rencananya untuk memberikan insentif kepada pelaku bisnis pariwisata dan para wisawatawan, lewat unggahan pada 19 Februari 2020.

“Saat daya saing pariwisata Indonesia dari tahun ke tahun, wabah virus corona terjadi di Tiongkok. Salah satu yang sedang kita pertimbangkan untuk mengantisipasi dampak wabah ini ke pariwisata kita adalah pemberian insentif untuk wisatawan, termasuk travel bironya,” demikian cuitan Jokowi, Selasa (24/3).

Oleh sejumlah warganet cuitan tersebut kemudian dibandingkan dengan kondisi sekarang saat kasus virus corona melonjak setiap harinya di Tanah Air, sehingga kian menambah kepanikan warga. Pemerintah pun didesak untuk bertanggung jawab atas kondisi ini.

Salah satu yang membagikan cuitan Jokowi itu yakni pemilik akun Twitter @ridwanhr, Sabtu (21/3). Sebagai narasi unggahanya, akun tersebut menuliskan, “Tweet of the year”.

Cuitan itu memancing reaksi dari warganet yang justru menyebut Jokowi blunder soal virus corona.

“Setuju sih ini blunder. Saya pemilih Jokowi 2 periode, tapi ini emang salah dan harus tanggung jawab,” kata OzhanOjon.

Adapun warganet lain, turut memberikan sindiran kepada orang nomor satu di Indonesia.

“Lebih mementingkan investasi, dari pada nyawa masyarakatnya. Kalaupun COVD-19 ini jadi wabah pandemi parah di indonesia, paling juga orang pertam kali kabur ya dia dengan teman2-temannya, menyelamatkan diri,” kata warganet @mari0_suganda.

Sejak dibagikan, unggahan @ridwanhr pun telah mendapat dua ribu retweets dan 2,8 ribu likes.

Headline Berita Juga Viral

Senada dengan cuitan Jokowi yang ramai disinggung, bidikan layar headline pemberitaansalah satu stasiun televisi swasta nasional juga menjadi bulan-bulanan warganet.

Bidikan layar tersebut menampilkan judul besar “Ayo Wisata Jangan Takut Corona”. Banyak warganet yang membagikan ulang bidikan layar itu sembari menuliskan sentilan.

Seperti akun @apathoni yang menuliskan, “Headline MetroTV ini akan diingat”.

Begitu pula dengan @f_achmadi yang berkomentar “We will not forget (Kita tidak akan melupakannya –Red)”.(*)

….

To Top