Ribuan e-KTP Ditemukan, Ini Kata RW Duren Sawit

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Warga Jalan Karya Bakti IV RT 03 RW 11 Kelurahan Pondok Kopi, Duren Sawit, Jakarta Timur, digegerkan oleh penemuan ribuan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP), Sabtu (8/12) kemarin. Ribuan KTP tersebut ditemukan dalam karung oleh warga setempat.

Ketua RW 11, Ipit Purwanto, mengungkapkan kronologi penemuan e-KPT tersebut. Menurutnya, berdasarkan laporan dari Ketua RT 04, beberapa anak-anak memainkan e-KTP usai bermain di pinggir kebun yang ada di sekitar wilayah tersebut.

Bacaan Lainnya

“Jam 11.00 WIB, saya mendapatkan informasi dari Ibu RT 04, ada e-KTP yang dibawa anak kecil (lebih dari empat). Karena menurut saya ada yang aneh, akhirnya saya mendatangi anak-anak dan mereka bilang masih banyak di kebun. Dan ternyata saat sampai sana, saya kaget bahwa ternyata masih banyak e-KTP tercecer dalam Karung,” kata Ipit dilansir IDN Times, Minggu 9 Desember 2018.

1. Ketua RW melaporkan penemuan ke Polsek Duren Sawit

Melihat keganjilan tersebut, Ipit langsung merespons cepat dengan melaporkan ke perangkat desa. Hanya saja, saat itu Lurahnya sedang tak ada di tempat.

“Saya langsung inisiatif lapor ke Polsek Duren Sawit. Sekitar jam 13.00 WIB, dan Babinkamtibmas datang untuk mengamankan lokasi,” beber Ipit.

Barang bukti berupa e-KTP dalam karung tersebut langsung diamankan Polsek Duren Sawit.

2. Jumlah e-KTP yang ditemukan sangat besar

E-KTP

Pihak kepolisian berhasil mengidentifikasi e-KTP tersebut. Tak tanggung-tanggung, usai dihitung jumlahnya mencapai 2.152.

Mayoritas e-KTP itu merupakan milik warga Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

3. Ribuan e-KTP itu ditemukan di gang sempit

Ada hal aneh dalam penemuan e-KTP di Pondok Kopi. Berdasarkan penelusuran IDN Times, lokasi ditemukannya e-KTP bukan di jalan umum, sebab harus melalui gang dan sulit dijangkau kendaraan roda empat.

“Kalau menurut saya, ini ada kesengajaan dibuang. Sebab, tak mungkin jika cuma tercecer karena jumlanya tak sedikit,” ujar Ipit lagi.

4. Kasus penemuan e-KTP dilimpahkan ke Polres Metro Jakarta Timur

Sementara, Babinkamtibmas Polsek Duren Sawit, Saefudin, menyatakan bahwa saat ini barang bukti sudah diamankan oleh pihak kepolisian. Saat ini semuanya sudah di proses.

“Semua sudah kami amankan, untuk selanjutnya kami sedang proses semua. Pihak kepolisian Duren Sawit akan segera melimpahkan kasus ini ke Polres Metro Jakarta Timur,” kata Saefudin saat ditemui di TKP.

“Saya sudah tak bisa menjelaskan lagi, silakan tanya ke pihak Polsek. Saya hanya bertugas mengamankan lokasi,” sambungnya.

5. Mendagri akan pantau lokasi penemuan e-KTP

Sementara menurut pihak keamanan yang menjaga lokasi saat ini, Menteri Dalam Negeri dilaporkan akan datang untuk melihat e-TKP tersebut.

Namun, pihak keamanan belum menerima kejelasan perihal waktu kapan Mendagri akan datang.

Pos terkait