Biar Orang Lain Nggak Stalk Akun WhatsApp Kamu, Begini Caranya

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Pernahkah kamu merasa terganggu dengan orang asing atau kontak tertentu yang sering menghubungi melalui WhatsApp? Atau kamu merasa di-stalk oleh orang lain di aplikasi chatting tersebut? Jika kamu merasa tak nyaman karenanya, ini adalah waktu yang tepat untuk memperkuat keamanan privasimu.

Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah menyembunyikan foto profil. Walaupun sederhana, langkah ini dapat melindungimu dari pencurian identitas, chat dan telepon yang mengganggu, dan bisa membuat orang lain berpikir bahwa mereka salah sambung.

Bacaan Lainnya

Berikut ini cara menyembunyikan foto profil WhatsApp secara mudah dari orang-orang tertentu. Dengan begitu, hanya kontak yang terpilih yang bisa melihatnya.

1. Pertama, hapus kontak orang-orang yang ingin kamu hindari

ilustrasi daftar kontak (justinmind.com)

Kamu ingin menyembunyikan foto profil dari siapa saja? Sebelum melangkah lebih jauh, jawab pertanyaan ini dan buatlah daftar nama atau kontak yang ingin kamu hindari.

Setelah itu, kamu disarankan untuk menghapus mereka dari daftar kontak di smartphone. Hal ini penting dilakukan agar kamu bisa lanjut ke langkah-langkah berikutnya.

2. Cara menyembunyikan foto profil dari orang tertentu di Android

Selanjutnya, jika kamu menggunakan smartphone Android, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Buka WhatsApp, klik ikon titik tiga di bagian kanan atas;

Masuklah ke Settings > Account > Privacy;

Di sana, bukalah opsi Profile Photo;

Kamu akan diberikan tiga pilihan, yaitu Everyone, My Contacts, dan Nobody. Pilihlah My Contacts.

Nah, dengan menggunakan setelan ini, foto profil hanya bisa dilihat oleh orang-orang yang kamu simpan sebagai kontak. Itulah kenapa kamu disarankan menghapus kontak sebelumnya.

3. Cara menyembunyikan foto profil dari orang tertentu di iOS

Pengaturan foto profil di Android dan iOS sebenarnya tidak jauh berbeda. Jika kamu pengguna iPhone dan perangkat Apple lainnya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Buka WhatsApp, masuk ke tab Settings;

Klik Account > Privacy;

Bukalah menu Profile Photo;

Seperti di Android, kamu akan diberi tiga pilihan, yaitu Everyone, My Contacts, dan Nobody. Kamu disarankan untuk memilih My Contacts.

4. Cara menyembunyikan foto profil dari semua orang

Apakah kamu sedang tak ingin memperlihatkan foto profil pada semua orang? Tak perlu khawatir, kamu bisa melakukannya kok. Di antara ketiga pilihan yang tersedia di menu Profile Photo, pilihlah opsi “Nobody”.

Dengan menggunakan setelan tersebut, tidak akan ada satu pun orang yang bisa melihat foto profil kamu. Kamu bisa mencobanya ketika tak mau diganggu atau saat kamu ingin tampak offline.

5. Cara lain untuk menyembunyikan foto profil di WhatsApp

Selain yang disebutkan di atas, ada cara lain yang juga efektif untuk menyembunyikan foto profil. Pertama, dengan tidak menggunakan foto apa pun sehingga orang lain hanya akan melihat gambar kosong khas WhatsApp.

Cara kedua mungkin terdengar esktrem, yaitu dengan memblokir orang-orang yang membuatmu merasa terganggu. Dengan begitu, mereka tak bisa lagi melihat foto profil walaupun kamu sering menggantinya.

Menyembunyikan foto profil merupakan salah satu cara melindungi privasi di WhatsApp. Hal ini tidak sulit untuk dilakukan kok. Kamu bisa mencoba langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas. Semoga berhasil, ya!

Pos terkait