5 Tahapan Sanitasi Gudang & Mengatasi Kutu Pakan Hewan Tanpa Residu!

  • Whatsapp

KUMBANEWS.COM – Mengatasi kutu pakan hewan yang terjangkit ulat ataupun sama lainnya tentu akan membuat pelaku bisnis pusing tujuh keliling. Bagaimana tidak, kerugian yang besar bisa terjadi setiap harinya ketika para ulat tersebut memakan terus-menerus komoditas yang anda simpan. Sedikit kesalahan saja tentunya juga membuat kerugian tersebut mengalami penurunan secara drastis. Walaupun sudah memindahkan dan melakukan pemilahan terhadap beberapa pakan yang terjangkit, hal tersebut juga belum dikatakan efektif!

Untuk Anda yang memiliki masalah dengan kutu, rayap, ulat atau bagan hama resisten lainnya. Pastinya informasi ini akan sangat membantu para pelaku usaha komoditas pangan pasca panen. Bahkan hal tersebut juga bisa diterapkan bagi mereka yang memiliki bentuk penyimpanan komoditas jangka panjang.

Bacaan Lainnya

5 Tahapan Mengatasi Kutu Pakan Hewan Skala Besar!

Jika anda sudah melakukan upaya mengatasi hama kutu pakan baik di dalam komunitas ataupun di sekitar lingkungan gudang namun tetap tidak berhasil. Pastinya pembahasan ini akan sangat cocok bagi Anda yang ingin segera tuntas membasmi hama baik di dalam komoditas ataupun di sekitar gudang.

Karena adanya hama sendiri akan mengurangi kualitas jika berada pada komoditas secara langsung. Selain itu juga berada pada lingkungan tentunya hal tersebut juga sangat mengganggu dan memberikan resiko terhadap komoditas.

Mari cek kembali komoditas anda dengan baik!

Pemilahan

Pastikan untuk melakukan cek kembali komoditas anda dengan baik. Jangan sampai kita kelewatan dan ternyata terdapat hama di dalamnya. Bila anda merasa kurang yakin, tentunya bisa memanfaatkan obat fumigasi fumiphos karena biayanya yang murah. Jika nantinya anda merasa kurang yakin dan menginginkan kecepatan tentunya bisa memilih obat fumigasi fumilikuid karena hanya membutuhkan waktu 1 x 24 jam.

  • Bila terdapat hama dalam komoditas

Bila terdapat hama dalam komoditas tentunya pilihan obat fumigasi di atas bisa jadi rujukan. Tentunya anda hanya perlu menutup bagian keseluruhan dari komoditas sesuai dengan dosis penggunaan dan memahami cara pakai obat fumigasi.

Untuk fumiphos sendiri hanya membutuhkan 2-3 tablet untuk 1 ton yang biasanya diletakkan di bawah palet tumpukan dari komoditas tersebut.

Sedangkan untuk fumilikuid, setelah ditutup rapat dengan plastik sungkup pvc Anda membutuhkan selang untuk menyalurkan gas cair tersebut. Dosis untuk fumilikuid sendiri adalah 1 kg untuk 10 ton.

  • Bila tidak terdapat hama dalam komoditas

Sedangkan bila tidak ditemukan hama dalam komoditas dan anda merasa yakin. Selanjutnya anda hanya perlu menutup seluruh komoditas dengan plastik sungkup pvc agar tidak terdapat rongga. Karena nantinya kita akan lanjut pada proses sanitasi lingkungan gudang!

Sanitasi spraying

Ini adalah salah satu metode sanitasi yang pastinya bisa diterapkan langsung pada bangunan dan juga alat gudang. Pada proses ini tentunya akan sangat efektif membunuh hama merayap yang ada di dalam dan di sekitar gudang. Sehingga hal tersebut tentunya menjadi salah satu perhatian khusus sanitasi gudang penyimpanan.

Sanitasi thermal fogging

Selanjutnya setelah anda selesai dengan proses sanitasi spraying, kita bisa lanjut pada fogging atau pengasapan. Dalam hal ini pastikan anda memanfaatkan APD lengkap agar nyaman dan aman. Pemanfaatan dari metode pengasapan ini tentunya bisa sangat efektif menjangkau bagian atap gudang dan juga membunuh hama terbang.

Untuk campurannya sendiri adalah 10 ml silogud bisa bisa dicampur kan dengan white oil/EFM(Eco Fogging Media). Dan sangat direkomendasikan untuk tidak menggunakan solar karena meninggalkan bau serta harus membersihkan ulang.

Gudang Anda bersih dari hama apapun!

Selain membunuh dan membasmi hama, tentunya hal tersebut juga meningkatkan kenyamanan saat bekerja. Dengan gudang penyimpanan yang bersih tentunya hal tersebut juga akan membuat pekerja dan kita semakin betah berlama-lama disana.

Memperhatikan beberapa hal diatas tentunya akan membuat Anda mampu mengatasi kutu pakan hewan dengan menggunakan metode fumigasi. Berbagai tips diatas tentunya akan sangat membantu agar tiap prosedur di atas bisa dilakukan dengan tepat. Yang terpenting adalah memilih salah satu obat di atas karena tidak memiliki residu sama sekali. Sehingga hal tersebut aman terhadap komoditas, bangunan dan ramah lingkungan.(*/dirman)

Pos terkait