Hoaks! Video Korps Brimob Dipelintir Jadi Tentara China Masuk Indonesia

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Kata Brimob masuk trending Twitter hari ini. Ini tentu berkaitan dengan banyak berita tentang salah satu korps Bhayangkara tersebut. Bila diklik, salah satu informasi yang berkaitan dengan Brimob adalah isu ratusan tentara China masuk Indonesia.

Beberapa waktu lalu memang viral video yang dinarasikan sebagai ratusan korps tentara China yang masuk ke Indonesia malam-malam. Video ini beredar luas di media sosial Twitter. Pengunggahnya akun @Mencaricinta99.

Bacaan Lainnya

Dalam video itu nampak ratusan tentara berseragam kompak berbaris di sebuah bandara, kemudian di belakang mereka nampak Pesawat Lion Air.

Berdasar narasi yang disampaikan, para pasukan tersebut merupakan tentara Cina yang masuk ke Indonesia. Mereka masuk di tengah malam yang dituding tengah bersiap menjajah.

“Sudah terang2an pakai seragam militer? Gila ini beneran…Tentara Cina sudah masuk Indonesia, tengah malam, untuk apa?!? Siap2 saja anak cucu dijajah aseng, atau siap jadi mata2 Cina/ pengkhianat bagi negeri ini..!!! Mentri Pertahanannya bahkan tidak merasakan bahaya??” tulis keterangan video itu.

Namun belakangan video itu dibantah. Banyak warganet yang menulis kesaksian kalau itu merupakan video korps Brimob Indonesia. Misalnya akun @tukangrosok22.

“Ini adalah momen pemberangkatan Satgas Brimob ke Papua. Kejadian 4 bln yg lalu pasukan Brimob landing Aplos Pamrahwan Papua menggunakan pesawat carter Lion Air.”

Lalu akun @luckylucky0971 menulis begini: “Ini pasukan dari Korps Brimob ya, bukan dari negara lain seperti yg disebar oleh para pembenci negara sendiri.”

Sebelumnya, sebuah video short yang diunggah oleh @Bro_A dengan judul Brimbob Satgas ke Papua, menunjukkan kalau rombongan itu merupakan polisi yakni adanya bagian dari video itu yang menampilkan sejumlah truk pengangkut yang bertuliskan polisi di body truknya.

Dari fakta tersebut diketahui bahwa kabar yang menginformasikan rombongan orang di bandara itu adalah tentara Cina yang terang-terangan mau menjajah Indonesia adalah tidak benar.

Konten yang dilabeli judul itu tentara cina menyesatkan alias berita hoaks.

Source: suara

Pos terkait