Apa Itu Airplane Mode? Simak Penjelasannya Berikut Ini

  • Whatsapp

Ilustrasi

KEBANYAKAN dari kalian pasti memiliki ponsel pintar, kan? Barang satu ini memiliki banyak fungsi dan fitur yang memudahkan kita dalam melakukan kegiatan sehari-hari, salah satu contohnya adalah untuk bertukar pesan dan menelepon. Ponsel pintar saat ini juga telah dikembangkan menjadi lebih canggih, jika dibandingkan dengan ponsel-ponsel terdahulu.

Selain untuk bertukar pesan dan menelepon, ponsel pintar juga dapat digunakan sebagai sarana menghubungkan teman dari seluruh belahan dunia untuk saling berkomunikasi dengan media sosial. Adanya keterikatan kita dengan dunia tanpa batas yang didapatkan dengan ponsel pintar tentu membuat kita terkoneksi dengan banyak orang dari berbagai negara.

Akan tetapi, terkadang kita juga membutuhkan waktu-waktu tertentu yang mengharuskan untuk menon-aktifkan ponsel. Suatu waktu, kamu mungkin ingin terbebas sebentar dari notifikasi media sosial atau pun percakapan grup. Hal ini bisa dikondisikan karena ponsel pintar memiliki fitur airplane mode yang bisa kamu manfaatkan saat mengalami hal tersebut.

Apa itu Airplane Mode?

Jika kamu sering bepergian menggunakan pesawat, kamu pasti tidak asing lagi dengan fitur yang satu ini. Airplane mode atau bisa juga disebut sebagai flight mode atau mode pesawat adalah pengaturan pada ponsel untuk menangguhkan sinyal pada kartu SIM maupun Wi-Fi untuk sementara.

Fitur ini sering kali digunakan oleh orang yang bepergian dengan pesawat, terutama saat take-off dan landing. Fitur ini diaktifkan lantaran untuk menghindari gangguan komunikasi dan navigasi pesawat saat penerbangan yang bisa berdampak pada keselamatan penumpang. Selain itu, untuk menemukan fitur ini juga cukup mudah karena kamu hanya perlu menemukan ikon berbentuk pesawat.

Cara Mengaktifkan Fitur

Pada HP Android, mode pesawat diaktifkan dengan slide ke bawah dari atas layar dua kali untuk membuka panel Pengaturan. Di sana, kamu akan melihat ikon pesawat dan hanya dengan satu klik, ponselmulangsung berada pada mode pesawat. Mudah, bukan?

Sedangkan untuk iPhone, ikon untuk mode pesawat ada di Pusat Kontrol. Kamu dapat mengaksesnya dengan slide ke bawah dari kanan atas atau atas dari bawah. Perlu diketahui, pengaturan dan letak airplane mode tergantung pada versi sistem operasi dan model ponsel yang kamu gunakan karena ada perbedaan pada tata letaknya.

Setelah mengaktifkan fitur, kira-kira apa yang terjadi ketika kamu meletakkan ponsel dalam keadaan mode pesawat? Pertama, ponsel Anda berhenti menerima sinyal radio yang memungkinkan kamu untuk mengirim atau menerima pesan teks atau panggilan, mengakses halaman web atau email berbasis web, dan mengunduh data.

Namun, tidak perlu khawatir karena seluruh pesan teks yang telah diunduh, serta informasi tersimpan lainnya, dapat tetap diakses. Beberapa di antaranya adalah yang mencakup dokumen, game offline, musik, atau film apa pun yang telah kamu unduh dan tersimpan ke perangkat ponsel. Selain itu, pesan yang kamu terima saat sedang mengaktifkan fitur ini juga akan diterima begitu kamu menonaktifkannya.

Fungsi Lain Airplane Mode

1. Menghemat Baterai

Fungsi lain dari airplane mode adalah untuk menghemat daya pada ponsel lantaran tidak adanya pesan dan notifikasi yang masuk. Mengaktifkan fitur ini bisa menjadi pilihan saat ponselmu sedang low battery sehingga dapat mencegah berbagai proses yang berjalan di latar belakang karena tidak adanya koneksi internet.

2. Fokus

Beberapa di antara kita pasti sering kali ingin fokus mengerjakan pekerjaan atau tugas, tapi terhenti begitu notifikasi pesan, game, dan media sosial berbunyi. Jika ingin suasana lebih tenang, hal ini dapat diantisipasi dengan menggunakan mode pesawat. Kamu dapat mengaktifkannya saat ingin fokus menyelesaikan pekerjaan dan dapat mengaktifkannya kembali begitu selesai. Dengan begitu, semua pekerjaanmu tidak akan tertunda lagi.

3. Mempercepat Pengisian Daya

Tidak banyak orang yang tahu bahwa airplane mode dapat mempercepat pengisian daya pada baterai ponsel. Kita semua tahu bahwa kebanyakan ponsel saat ini sudah dilengkapi dengan teknologi fast-charging. Akan tetapi, mengisi daya ponsel dengan menggunakan mode pesawat dapat membuatnya lebih cepat lagi.

Hal ini dikarenakan saat fitur tersebut aktif, semua koneksi seperti sinyal seluler, Bluetooth, Wi-Fi, dan GPS akan terhenti. Pengisian daya akan lebih cepat tanpa adanya aktivitas lain di latar belakang. Untuk itu, jika kamu ingin ponselmu terisi daya dengan cepat, aktifkanlah fitur airplane mode, ya!

4. Meningkatkan Tangkapan Sinyal

Jika kamu pernah mengalami sinyal yang tidak stabil di suatu tempat, aktifkanlah fitur airplane mode! Saat mengaktifkannya, seluruh sinyal seluler akan mati dan terblokir. Setelah itu, coba matikan fitur mode pesawat dan ponselmu akan menangkap sinyal lebih baik dari sebelumnya. Hal ini tidak selalu berlaku setiap saat, tapi akan sangat membantu saat kamu sedang berada di tempat yang susah sinyal.

Setiap fitur yang ada pada ponsel pintar memang sangat berguna untuk mempermudah kegiatan sehari-hari. Untuk itu, manfaatkanlah fitur-fitur tersebut dan jangan disia-siakan. Itulah rangkuman tentang apa itu airplane mode pada ponsel. Semoga bermanfaat!

 

 

 

 

Pos terkait