Bawaslu Usut Dugaan Kecurangan Terkait Surat Suara yang Sudah Tercoblos di Malaysia

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Badan Pengawas Pemilu masih mengusut dugaan kecurangan pemilu terkait surat suara yang sudah dicoblos di Malaysia.

Menurut Ketua Bawaslu Abhan, pihaknya akan mengumumkan hasil identifikasi yang sedang dilakukan. Sebab, saat ini Bawaslu telah mengumpulkan data dan sejumlah dokumen berkaitan dengan kasus tersebut.

Bacaan Lainnya

“Jadi kami mendapatkan laporan dari jajaran kami yang ada di Malaysia,” kata Abhan di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi, Jakarta, Kamis 11 April 2019.

“Saat ini kami sedang mengumpulkan berbagai dokumen, alat, data-data pengawasan panwaslu. Dan sore ini atau malam nanti ada keputusan kami,” jelasnya.

Abhan menegaskan bahwa Bawaslu dipastikan akan mengungkap dugaan kecurangan yang terjadi di Malaysia. Menurutnya, jika terbukti didapat pelanggaran maka akan diberikan sanksi tegas.

“Apa yang harus kami keluarkan tindakan kami, rekomendasi kami untuk itu nanti ada. Kita lihat dulu fakta-faktanya, siapa yang melakukan dan apa modusnya dan sebagainya. Tapi tindakan kami saat ini sedang mengumpulkan data dokumen bukti-bukti hasil pengawasan sistem kami di Malaysia,” paparnya. (*)

Pos terkait