Berkendara Motor Bisa Menyehatkan Badan dan Pikiran

  • Whatsapp

Ilustrasi

Kumbanews.com – Berdasarkan survei yang dilakukan visordown, para pengendara sepeda motor setuju bahwa alasan utamanya mereka naik motor adalah untuk menikmati rasa kebebasan. Hasil survei menyebutkan, sebanyak 59 persen pemotor setuju bahwa dengan alasan tersebut.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, sebesar 40 persen pemotor memilih alasan dengan melakukan berkendara, mereka ingin menikmati sensasi kuda besi kesayangannya.

Selanjutnya, sebesar 34 persen orang memiliki alasan bermotor untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam berkendara.

Namun, selain dari hasil survey tersebut, ada sebuah penelitian bahwa dengan melakukan berkendara motor ada sebuah dampak yang mampu memberikan kesehatan untuk jasmani dan rohani.

Bahkan, ada pula hasil survey yang menyebutkan efek dari motoran ini dapat memberikan mood yang bagus untuk bikers.

Hal ini dikarenakan dengan mengendarai sepeda motor, mereka dapat melepas hormon dopamin dan endorfin, yang membuat mereka merasa bahagia.

Di samping itu, dalam keadaan mood yang kurang baik pun, ketika sudah berada di atas motor, maka mood tersebut akan menjadi lebih baik.

Faktor lain yang membuat berkendara ini bisa membuat sehat badan dan pikiran karena saat berkendara ke luar kota, akan mendapatkan udara yang lebih fresh.

Ketika berada di luar kota, atmosfer udara yang dihirup akan jauh lebih baik dari berkendara di perkotaan.

Dengan menghirup udara segar tersebut, maka pikiran akan distimulus dengan baik lantaran asupan oksigen yang masuk lebih segar dan fresh.

Tentunya, dengan kondisi tersebut maka pikiran menjadi lebih tenang dan hormon kebahagiaan turus berkembang.

Melatih Kekuatan Fisik

Touring motor juga dapat meningkatkan imunitas tubuh

Selanjutnya, hal lain yang bisa menyebabkan kesehatan bagi badan karena melalui bermotor ini dipecaya dapat meningkatkan kesehatan fisik.

Pasalnya, saat berkendara semua sistem tubuh bekerja, tidak hanya tangan dan kepala, tetapi pikiran juga terus dilatih agar tetap fokus.

Hal ini juga diamini oleh Leon Haslam, pembalap sepeda motor kelahiran Inggris. Menurutnya, dengan berkendara motor ini akan membuat mental dan fisik seseorang akan menjadi lebih baik lagi.

“Sangat bagus bahwa sepeda motor dapat menawarkan pelarian bagi banyak orang, apakah itu dari masalah kehidupan sehari-hari, stres atau potensi masalah mental. Fokus yang dibutuhkan dari sepeda motor adalah sedemikian rupa sehingga semua masalah lain dilupakan,” jelas Leon Haslam, mengutip visordown.

 

 

Pos terkait