BI Resmi Luncurkan Suku Bunga Acuan Pasar Uang IndONIA

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Bank Indonesia (BI), tepat pukul 19.30 WIB malam ini, resmi meluncurkan suku bunga acuan pasar uang yaitu Indonesia Overnight Index Average (IndONIA). IndONIA merupakan indeks pinjam meminjam antar bank tanpa agunan untuk jangka waktu satu malam atau overnight. Singkatnya, IndONIA adalah suku bunga acuan pasar uang antarbank (PUAB) untuk tenor satu malam atau overnight.

Kepala Departemen Pengembangan Pasar keuangan Bank Indonesia (BI), Yoga Affandi, menyatakan bahwa peluncuran IndONIA merupakan salah satu upaya BI untuk meningkatkan kredibilitas dari suku bunga PUAB.

Bacaan Lainnya

Sebagai informasi, selama ini suku bunga PUAB yang berlaku adalah Jakarta Interbank Offered Rate (JIBOR). Di mana ditentukan melalui kuotasi dari 24 bank yang ditunjuk oleh BI sebagai kontributor.

Akan tetapi, JIBOR masih memiliki kekurangan di mana kuotasi yang disampaikan terkadang tidak mencermikan transaksi riil yang terjadi di PUAB. Hal tersebut menjadi salah satu pendorong lahirnya indONIA dengan harapan suku bunga PUAB bisa menjadi lebih transparan karena didasarkan pada data transaksi riil bukan kuotasi.

“Kita ingin memperbaiki transaksi moneter, sehingga pasar keuangan lebih jelas dan indONIA jadi referensi bagi pelaku ekonomi yang sangat baik, benchmark yang transparan dan adil,” kata Yoga dalam acara konferensi pers di Gedung BI, Jakarta Pusat, Rabu 1 Juli 2018.

Yoga menjelaskan bahwa kehadiran indONIA nantinya akan menggeser posisi JIBOR dan menjadi satu-satunya atau acuan tunggal untuk PUAB overnight. Sampai saat itu, Yoga menyatakan bahwa akan ada masa transisi hingga 1 Januari 2019 di mana JIBOR masih bisa digunakan.

Sedangkan untuk JIBOR dengan tenor 1 minggu, 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan tetap berlaku. “Maka selama masa transisi ini masih ada dua suku bunga acuan PUAB tenor overnight yang berlaku yakni IndONIA dan Jibor. Per 2 Januari 2019, hanya ada IndONIA overnight,” ujarnya.

Secara teknis, dalam indONIA, seluruh data transaksi PUAB pada hari tersebut akan masuk ke BI pada pukul 18.00 WIB. Kemudian pada pukul 19.30 WIB akan dirilis rate IndONIA yang berdasarkan rata-rata tertimbang transaksi PUAB overnight pada 102 bank konvensional yang ditunjuk BI.

Dengan adanya IndONIA, diharapkan transmisi kebijakan moneter seperti penetapan suku bunga acuan BI 7 days reverse repo rate bisa lebih cepat dirasakan. “Karena selama ini bank-bank banyak yang melakukan transaksi di overnight ini,” pungkas Yoga.

Pos terkait