BPVP Pangkep Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi Program TMT Bagi Anggota Dharma Wanita dan Warga Binaan Lapas IIA Parepare

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Bertempat di Lapas IIA Parepare, telah dilaksanakan kegiatan pembukaan pelatihan berbasis kompetensi bersertifikasi bagi anggota Dharma Wanita Persatuan dan warga binaan dengan program Tailor Made Training (TMT) Kejuruan Teknologi Pengolahan Pertanian Sub Kejuruan pembuatan roti dan kue, Kamis (9/1/2023).

Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari Perjanjian Kerja Sama antara Lapas IIA Parepare Parepare dengan Balai Pelatihan Vokasi Dan Produktifitas Pangkajene dan Kepulauan. Adapun sebanyak 6 orang anggota Dharma Wanita Persatuan Lapas IIA Parepare dan 10 orang warga binaan Lapas IIA Parepare berkesempatan mengikuti pelatihan ini.

Bacaan Lainnya

Kegiatan dihadiri langsung oleh Kepala Lapas IIA Parepare Totok Budiyanto, Amd.IP, SH sekaligus berkenan memberikan sambutan. Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kepala BPVP Pangkep Bapak Sudarsono, SE atas perhatian, kepedulian dan kerjasamanya selama ini.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjadikan Warga Binaan Lapas IIA Parepare mendapatkan bekal setelah kembali ke masyarakat yang dapat berguna bagi bangsa dan negara sesuai dengan tujuan sistem pemasyarakatan.

Dengan harapan seluruh peserta pelatihan setelah mengikuti kegiatan ini selain mempunyai keterampilan yang bersertifikat, bisa mendapatkan kesempatan untuk dapat diterima di dunia kerja dan dapat kembali melaksanakan fungsi sosialnya, baik sebagai anggota atau kepala keluarga maupun anggota masyarakat saat bebas nanti.

Disamping itu kedepannya mampu menjadi pelaku UMKM. Untuk Ibu-ibu anggota Dharma Wanita Persatuan dapat membuka dan mengembangkan usaha membantu perekonomian keluarga dan pendapatan organisasi.

Kegiatan juga dihadiri langsung Kepala Balai Pelatihan Vokasi Dan Produktifitas Pangkajene dan Kepulauan Bapak Sudarsono, SE sekaligus membuka kegiatan pelatihan hari ini. BPVP Pangkep adalah Lembaga Pelatihan Pelatihan Yang Melatih Dan Membentuk Calon Calon Tenaga Kerja Ataupun Calon Wirausaha Dengan Memberikan Ilmu Pengetahuan Dan Keterampilan Bagi Setiap Siswa/I Yang Dilatih Agar Mampu Menghadapi Kebutuhan Didunia Industri Dan Dunia Usaha.

Tahun anggaran 2023 BPVP Pangkep memberikan bantuan 2 Paket Kegiatan Pelatihan Kerja Bersertifikasi secara gratis kepada warga binaan Lapas IIA Parepare yaitu pelatihan pembuatan kue dan roti (Bakery) dengan peserta 16 orang.

Kepala BPVP Pangkep dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa paket ke 2 diharapkan warga binaan pemasyarakatan Lapas IIA Parepare setelah mengikuti program Pelatihan Kemandirian Bersertifikat diharapkan memiliki kemampuan pengetahuan dan keahlian atau skill yang mumpuni sehingga mampu membuka lapangan kerja baru untuk membantu perekonomian masyarakat kota Parepare kedepannya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Kepala BPVP Pangkep dan Kepala Lapas IIA Parepare dirangkaikan dengan penyerahan proposal usulan 3 (Tiga) Paket Pelatihan Berbasis Kompetensi program Tailor Made Training (TMT) bagi Warga Binaan Pemasyarakatan untuk Tahun Anggaran 2024.

Kepala Lapas IIA Parepare mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kepala BPVP Pangkep beserta jajaran dan kepada seluruh Pejabat Struktural Eselon IV V beserta jajarannya serta Komandan Regu pengamanan beserta jajaran yang telah bekerja keras kerja cerdas dan kerja ikhlas sehingga pelaksanaan kegiatan berjalan lancar dan tertib.

Pos terkait