Cara Daftar dan Cek Bansos BLT BBM 2022

  • Whatsapp

Ilustrasi

Kumbanews.com – Pemerintah mulai mencairkan bantuan Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak atau BLT BBM sejak awal September 2022 ini.

Bacaan Lainnya

BLT BBM 2022 merupakan salah satu program dari pemerintah untuk melindungi daya beli masyarakat akibat tekanan naiknya harga kebutuhan pangan di tengah naiknya harga BBM. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Sosial, Tri Rismaharini.
“Bantuan ini diberikan untuk menyikapi kenaikan harga yang sekarang ini memang sudah mulai dirasakan naik sekaligus mengurangi beban pengeluaran keluarga dan meningkatkan daya beli warga,” kata Menteri Sosial,Tri Rismaharini, dilansir oleh Liputan.6.com melalui situs Kemensos pada Selasa, (6/9/2022)

Sasaran penerima BLT BBM 2022 ini sebanyak 20,65 juta warga, termasuk di dalamnya keluarga penerima manfaat BPNT dan PKH.

Adapun untuk penerima BLT BBM ini masing-masing KPM akan mendapat uang sebesar Rp600.000 yang akan dikirim melalui kantor pos Indonesia di seluruh Indonesia.

Dalam penyalurannya, BLT tersebut diberikan kepada masyarakat selama empat bulan yang akan dicairkan dua kali, yakni pada bulan September sampai Desember 2022 nanti. masing-masing pencairan akan menerima Rp300.000, sehingga jumlah total dana yang bisa didapatkan adalah Rp600.000.

Penyaluran BLT BBM oleh Kemensos ini hanya diberikan kepada masyarakat yang sudah memenuhi syarat serta kriteria yang ditentukan. Yaitu masyarakat yang termasuk kategori penerima dari golongan keluarga miskin, pra sejahtera, dan juga yang terdampak pandemi Covid-19.

Bagi masyarakat yang ingin menjadi keluarga penerima manfaat BLT BBM 2022 ini, harus lebih dulu mengecek nama penerima pada link cekbansos.kemensos.go.id dan daftar di DTKS Kemensos, untuk mengetahui apakah Anda layak mendapatkan bansos BLT BBM tersebut.

Karena hanya masyarakat yang termasuk dalam data DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) Kemensos inilah yang berhak mendapatkan BLT BBM 2022.

Untuk mendaftar masyarakat dapat mengakses melalui Aplikasi Cek Bansos yang terdapat di smartphone Android maupun iOS.

Pos terkait