Dengan Niat yang Tulus Perjuangkan Nasib Rakyat

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Dengan niat yang tulus di dalam hatinya dan melihat kondisi yang sekarang semakin susah, caleg dari partai Nasdem ini, dengan nomor urut 8, dapil Makassar 1, memiliki tekad yang kuat untuk membantu masyarakat dan niatnya ini sudah lama namun terkendala oleh kesibukan dan tugas sehari- hari yang sangat padat.

Keputusan pria kelahiran Makassar 20 November 1961 ini tak terlepas dari semangat dan pengabdian ingin membangun Sulsel. Selain itu Kak Lally sapaan akrab ( Abdul Haris Hody) pria yang murah senyum ini, juga aktif sebagai wakil ketua Kadin Sulsel, menjabat sebagai kerja sama antara lembaga.

Bacaan Lainnya

Untuk mengetahui lebih jauh komitmen alumni Unhas Jurusan Teknik Sipil Makassar ini yang maju menjadi Caleg DPRD Sulsel Dapil Makassar 1, berikut petikan wawancara khusus Jurnalis Kumbanews.com dengan Ir. Abdul Haris Hody, Jumat  2 November 2018.

Apa yang melatarbelakangi Anda maju menjadi Caleg DPRD Sulsel Dapil Makassar 1?

Saya melihat kondisi saat ini, tingginya pengangguran sehingga pemerintah butuh mitra kerja yg baik utk mencapai tujuan agar masyarakat bisa dapatkan lapangan kerja dan menciptakan lapangan kerja baru untuk mengurangi pengangguran.

Namun bila melakukan pengabdian tanpa memiliki sebuah instrumen yang kuat seperti menjadi anggota DPRD Sulsel, tentu sulit bagi saya membuat daerah kita ini lebih maju, lebih sejahtera. Dengan menjadi DPRD Sulsel, tentu saya akan menjadi penyambung lidah rakyat dari daerah yang saya wakili. Saya menjadi pembawa pesan, pembawa harapan rakyat dan memperjuangkan harapan-harapan itu supaya terealisasi dan dinikmati rakyat sebagai warga negara yang berhak mendapat kesejahteraan dari negara. Saya akan berjuang habis-habisan memperjuangkan aspirasi, membela hak-hak rakyat, mewujudkan harapan rakyat. Itulah kenapa saya  termotivasi untuk menjadi caleg. Bila tidak, apa yang bisa saya lakukan membantu rakyat dan memajukan tanah kelahiran ini? Tentu tidak akan signifikan. Makanya, penting sekali memiliki alat dan sarana untuk mewujudkan itu. Apa alat dan sarana itu? Tentu di DPRD Sulsel.

Makanya saya menawarkan kepada rakyat untuk berjuang bersama saya, karena tidak semua orang punya kesempatan untuk maju sebagai caleg. Saya ingin bersama rakyat Dapil Makassar 1, maju bersama supaya rakyat lebih sejahtera. Inilah secara umum motivasi dan latar belakang kenapa saya maju menjadi caleg. Intinya, saya ingin  memperjuangkan nasib rakyat yang saya wakili. Bukan untuk diri saya, tapi untuk semua.

Dari kunjungan ke lapangan, bagaimana Anda melihat Sulsel dan khususnya kota Makassar sejauh ini?

Potensi sangat bagus khususnya UMKM dan industri kecil menengah karena jumlah penduduk semakin bertambah sehingga potensi pasarnya cukup besar.

Saya sering turun ke bawah, turun ke rakyat, hadir di tengah rakyat. Saya ajak mereka bicara, saya ajak diskusi, saya dengar suara mereka, saya dengar kata hati mereka, saya catat keinginan dan harapan mereka. Saya bersumpah dalam diri saya, bahwa semua harapan mereka akan saya perjuangkan. Secara umum kehidupan di Sulsel terutama daerah dapil yang akan saya wakili, kehidupannya masih banyak yang prasejahtera dan tidak sedikit yang masih kategori miskin atau butuh bantuan. Kondisi ini membuat saya semakin bersemangat untuk bisa segera memperjuangkan kehidupan mereka, membela hak-hak mereka. Karena impian dan harapan saya adalah bisa menjadi manusia yang berguna bagi masyarakat. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan mereka, ini semua akan saya perjuangkan supaya masyarakat secara umum, mendapat porsi pembangunan yang cukup untuk membangun sumber daya manusia dan membangun sarana prasarana atau infrastruktur yang dibutuhkan.

Apa persoalan mendasar yang dihadapi Sulsel sekarang ini?

Potensi pengembangan industri belum maksimal sementara, SDM, Raw material , sumber energy , lahan dan lain -lain semua tersedia.

Persoalan mendasar bagi masyarakat Dapil Makassar 1 secara umum hampir sama dengan daerah lainnya. Banyak permasalahan yang timbul. Tapi inti dari semua permasalahan itu adalah, rendahnya kesejahteraan, rendahnya tingkat pendapatan masyarakat atau masalah ekonomi. Termasuk, daya beli dan lapangan kerja. Inilah yang paling harus difokuskan. Jika mengurai semua masalah, akarnya ekonomi. Makanya kita fokus di situ, meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan rakyat.

Bagaimana langkah konkret menyelesaikannya?

Membuka peluang investasi dan membangun industri skala kecil dan menengah sesuai potensi daerah masing-masing.

Apa potensi yang perlu dikembangkan di Sulsel khsususnya dapil anda guna menyelesaikan persoalan yang ada?

Menciptakan pengusaha- pengusaha muda baru yg berbasis IT dengan demikian membuka lapangan kerja baru sehingga menurunkan tingkat pengangguran dan meningkatan pendapatan  masyarakat

Seperti apa bentuk perjuangan yang akan Anda lakukan nanti?

Melakukan dialog dan mendengarkan masukan masyarakat supaya kita tau kondisi, kebutuhan dan keinginan masyarakat agar dapat disampaikan kepada pemerintah

Terkait lembaga DPRD Sulsel sekarang ini, bagaimana Anda melihatnya?

Sangat baik karena bisa jadi legislasi dan mitra Pemda yang baik

Seandainya Anda terpilih nanti, apa yang akan Anda lakukan untuk membenahi DPRD Sulsel?

Saat ini sudah berjalan dengan baik dan saya akan berikan masukan-masukan  sesuai kondisi yang ada

Bagaimana keyakinan Anda, bisa memenangkan pileg nanti?

Tetap optimis karena potensi konsituent yang ada saat ini di dapil saya cukup besar dan membutuhkan program yang saya tawarkan

Terakhir, dukungan keluarga atas keputusan Anda maju jadi caleg?

Terkait keluarga, tentu menjadi yang nomor satu bagi saya. Restu dan izin dari istri tercinta yang selalu setia mendampingi saya mengarungi hidup ini adalah mutlak. Doa anak-anak dan orangtua saya, tentu menjadi energi tak terhingga bagi saya. Mereka adalah kumpulan semangat dan kumpulan energi bagi saya. Mereka semua mendukung langkah saya maju di kancah politik. Mereka merestui saya bertarung menjadi wakil rakyat tetapi dengan cara yang baik , benar dan elegan tidak dengan cara money politik atau dengan cara-cara yang tidak lasim.

Demikian juga keluarga lainnya, teman-teman, handai taulan, sanak famili dan semua orang terdekat dengan saya, mendukung dan memberi restu atas langkah saya. Tanpa restu mereka, saya tentu bukan apa-apa. Jadi, mereka semua ada bersama-sama dengan saya dalam dukungan dan dalam doa.  Masalah terpilih atau tidak itu urusan ALLAH SWT. Amin

 

Biodata

Nama Lengkap : Ir. ABD. Haris Hody

TempatLahir      : Makassar,  Sulawesi Selatan

Tanggal Lahir     : 20 November 1961

Riwayat Pendidikan

1. SD Nusantara Makassar

2. SMP Negeri 6 Makassar

3. SMA Katolik Cendrawasih Makassar

4. Fakultas Tehnik Sipil Univ Hasanuddin

Riwayat Jabatan

1. Pendiri (Fouder)/Manager Radio Madama FM-Makassar 88

2. Grouphead Corporate Bangking Group, Bank Utama (Overseas Express Bank) 95

3. Direktur Sulwood Group 99

4. Direktur Utama Perusahaan Daerah Sulawesi Selatan

5. Direktur Utama PT.GARISA

Organisasi

1. Wakil Ketua KADIN Sukawesi Selatan

2. Wakil Ketua FKPPI Sulawesi Selatan

3. Ketua Umum Ikatan Alumni Teknik Sipil (IKATSI) Universitas Hasanuddin

4. Ketua DPW Sulsel UKM-IKM Nusantara

 

Pos terkait