Dirlantas Polda Sulsel Dukung Program Kapolri Layanan BPKB Berbasis Digital

  • Whatsapp

Kasi BPKB Dirlantas Polda Sulsel, Kompol Mamat Rahmat

Kumbanews.com – Dirlantas Polda Sulsel mendukung program Kapolri, untuk mengembangkan pelayanan BPKB berbasis digital dalam rangka mempermudah masyarakat mengakses kepengurusan surat-surat kendaraan.

Bacaan Lainnya

Pemanfaatan serta penerapan fasilitas dan program yang terintegrasi sangat memudahkan pemohon untuk mendapatkan layanan cepat, aman, transparan.

Seperti e-pendaftaran (pendaftaran BPKB perubahan secara online) adalah sebuah layanan online berbasis HTML (Hyper Text Markup Language) pada http://bpkb.net yang bertujuan untuk mempercepat dan memudahkan proses perubahan atau ganti kepemilikan BPKB.

Pelayanan lainnya e-queue (nomor antrean elektronik) adalah penerapan pengembangan informasi teknologi pelayanan BPKB pada sistem antrean dengan memberikan nomor antrean elektronik yang sudah dilengkapi dengan chip RFID untuk mengakses fasilitas e-form.

Kemudian, e-form (formulir digital) adalah layanan pengisian formulir permohonan BPKB yang dilakukan secara Digital dan Online dengan meletakan ID card (Taping) pada RFID reader.

Selanjutnya memasukan nomor kode pendaftaran bagi yang sudah mendaftar secara online atau memasukkan Nomor BPKB dan NIK bagi pemohon yang baru mendaftar.

Kasi BPKB Dirlantas Polda Sulsel, Kompol Mamat Rahmat mengatakan, bahwa pelayanan BPKB yang berbasis digital bakal dimulai dari cek fisik hingga penyerahan dokumen kepada masyarakat. “Kita tidak tergantung buku lagi, BPKB berupa fisik tetap ada namun, selain disimpan didalam buku, juga disimpan di chip. Dan InshaAllah program ini akan dimulai tahun 2022. Ucap Kompol Mamat Rahmat, Rabu, 24 November 2021.

“Cek fisik digital dan arsip digital itu akan terkoneksi dengan sistem electronic regident And Indentification (ERI) maupun Elite dan terkoneksi juga dengan Dukcapil”. Ujarnya.

Kompol Mamat Rahmat juga menambahkan, selain bekerjasama dengan Dukcapil Ditlantas Polda Sulsel juga bekerjasama dengan showroom.

“Untuk sementara showroom yang siap itu baru Honda. Jadi kita hanya pakai NIK atau barcode. Kata Kompol Rahmat.

Sebelumnya Direktur Regident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus mengatakan pentingnya upaya Polri dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Penyelenggaraan pelayanan oleh Polri kepada masyarakat, selain dapat membentuk opini yang baik juga diperlukan adanya upaya Polri untuk dapat terus menerus meningkatkan pelayanan kepada masyarakatnya yang lebih baik agar dapat menjadi lebih baik lagi pelayanannya,” kata Dirregident Korlantas Polri, Brigjen Pol Yusri Yunus di Jakarta, Senin (22/11/2021).

Yusril mengatakan perkembangan teknologi saat ini harus dimanfaat maksimal dalam rangka memberi pelayanan terbaik dan memudahkan masyarakat dalam pengurusan BPKB.

Dengan adanya pelayanan yang mudah dan cepat, hal tersebut tentunya akan berdampak terhadap meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Polri.

“Adanya perkembangan jalur informasi yang bergerak sangat cepat khususnya era industri powerpoint zero semakin memudahkan masyarakat dalam menerima keluhan dan masukan mereka. Terhadap pelayanan yang diberikan oleh layanan khusus regindarmor. Dimana salah satunya adalah layanan di bidang BPKB dalam hal ini dihadirkan adanya tuntutan agar kita terus berusaha untuk meningkatkan pelayanan sehingga dapat meningkatkan rasa kepercayaan masyarakat,” kata Brigjen Pol Yusri Yunus.

Dalam meningkatkan pelayanan BPKB dapat mengembangkan inovasi berbasis perkembangan teknologi.

Perkembangan ini memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam pelaksanaan retigenranmor dari stakeholder.

“Pelayanan penerbitan BPKB khususnya yang dilakukan janjaran di lapangan serta dapat memperoleh pencerahan atas beberapa inovasi pelayanan BPKB yang berbasis tekhnologi yang telah dibangun serta perkembangan dalam pelaksanaan retigenranmor dari stakeholder terkait, yang perlu kita cermati secara bersama hingga dapat diterapkan dari seluruh pelayanan,” kata Yusri Yunus.

 

 

 

 

 

Pos terkait