Gara-Gara Konser Taylor Swift Wisatawan Indonesia yang Pergi ke Singapura Capai Rp119 Ribu Orang

  • Whatsapp

Ilustrasi/Net

Kumbanews.com – Kunjungan wisatawan Indonesia ke Singapura tercatat melonjak mencapai 119 ribu orang pada Maret 2024.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistika (BPS), angka tersebut mencapai 17,26 persen dari total keseluruhan wisatawan Indonesia yang melakukan perjalanan ke luar negeri pada periode Maret, sebesar 691.546 orang.

Adapun lonjakan pada periode itu di negara tetangga RI itu salah satunya dipicu oleh gelaran konser musik internasional, seperti Taylor Swift.

Tidak hanya Singapura, wisatawan dalam negeri yang pergi ke Arab Saudi juga meningkat menjadi 117 ribu, atau 16,99 persen dari total wisatawan.

“Masing-masing didorong antara lain oleh penyelenggara konser musik internasional di Singapura dan umroh ke Arab Saudi,” kata Plt Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (2/5).

Kunjungan masyarakat Indonesia ke luar negeri ini tercatat meningkat 4,85 persen dibandingkan bulan sebelumnya, serta meningkat 7,45 persen dibanding Maret 2023 lalu.

Secara akumulatif, wisatawan RI yang melancong ke luar negeri mencapai 2.185.806 sepanjang Januari-Maret 2024. Angka ini meningkat 15,75 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Seperti diketahui, Singapura sendiri menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang dikunjungi penyanyi internasional terkemuka, Taylor Swift dalam tur dunianya, sehingga membuat masyarakat Indonesia banyak berkunjung ke negara itu.

RMOL

Pos terkait