Gelar Rapat Pleno, KPU Tetapkan DPT Pemilu 2019 Sebanyak 192 Juta Orang

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi daftar pemilih tetap (DPT) Hasil Penyempurnaan Tahap Kedua. Hasilnya, sebanyak 192 juta tercatat sebagai pemilih tetap di Pemilu 2019.

“Jadi 190 juta tercatat sebagai pemilih dalam negeri, dan 2 juta sebagai pemilih luar negeri di Pemilu 2019,” kata Komisioner KPU RI Viryan Aziz di Hotel Menara Peninsula, Slipi, Jakarta Barat, Sabtu 15 Desember 2018.

Bacaan Lainnya

Hasil ini, lanjut Viryan, telah mencakup 34 provinsi seluruh Indonesia, dengan data yang telah terkonfirmasi secara menyeluruh. Data ini menurut Viryan, juga telah menjawab adanya isu 31 juta data pemilih yang disebut belum masuk ke DPT beberapa waktu lalu.

Data 31 juta ini, dijelaskan Viryan tidak seluruhnya dimasukkan. Namun data tersebut adalah data milik Dukcapil itu adalah data yang menurutnya ada di DP4 tapi tidak ada di DPT.

“Jadi sebagai catatan kondisi data tersebut adalah data semester 1 tahun 2017, dengan prinsip menindaklanjuti masukan berbagai pihak, memverifikasi dan coklit, dari data itu berkisar 6 jutaan yang (akhirnya) masuk ke DPT,” pungkas Viryana seperti dilansir Merdeka.com.

Sebagai catatan, sisa dari 31 juta data yang tak masuk DPT telah disortir secara cermat oleh KPU. Seperti ada yang tidak terdaftar dalam Daftar Penduduk Pemilih Potensial (DP4), tidak memenuhi syarat, dan ada yang sudah meninggal.

Pos terkait