Giat Sosialisasi, Asistensi dan Supervisi dari Ditbinmas Polda Sulawesi Selatan di Lapas IIA Parepare

  • Whatsapp

Kumbanews.com- Bertempat di Lapas IIA Parepare dilaksanakan kegiatan sosialisasi asistensi dan supervisi dari Direktorat Pembinaan Masyarakat POLDA Sulawesi Selatan. Kegiatan sosialisasi dibuka langsung oleh Kepala Lapas IIA Parepare Totok Budiyanto, Amd.IP, SH. Dalam sambutannya Kepala Lapas IIA Parepare menyampaikan bahwa tugas dan fungsi dari Ditbinmas adalah menyelenggarakan pembinaan masyarakat yang meliputi kegiatan pembinaan ketertiban sosial, pembinaan keamanan swakarsa, koordinasi dan pengawasannya, pembinaan kepolisian khusus, pemolisian masyarakat, serta pembinaan Bhabinkamtibmas, Senin (13/11/2023).

Salah satunya melakukan pembinaan terhadap Polsuspas atau Polisi Khusus Pemasyarakatan dimana Petugas Pemasyarakatan merupakan bagian dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI yang bertugas mengawasi dan membina narapidana serta menjaga keamanan dan keselamatan mereka di dalam lembaga pemasyarakatan. Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas perhatian dan kerjasamanya selama ini kepada Direktur Binmas Polda Sulawesi Selatan.

Bacaan Lainnya

Kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi sekaligus asistensi dan supervisi oleh :
1. AKP Khalid Halid Jabatan Paursi Korpolsus Ditbinmas Polda Sulawesi Selatan,
2. AKP Yap Dwi Tirta Jabatan Paursi Binlat Ditbinmas Polda Sulawesi Selatan.

AKP Khalid Halid menegaskan bahwa tujuan kunjungan tim supervisi dan asistensi adalah untuk memberikan sosialisasi terkait tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Binmas kepada petugas Lapas IIA Parepare yang bertugas mengawasi dan membina narapidana serta menjaga keamanan dan keselamatan mereka didalam lembaga pemasyarakatan.

Selain itu kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pengawasan dan pembinaan Teknis Kepolisian Khusus berdasarkan Peraturan Kepolisian (Perpol) No. 9 Tahun 2021 tentang Kepolisian Khusus.
Bahwasanya Kepolisian khusus adalah salah satu pengemban fungsi kepolisian yang membantu kepolisian dibidang pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat.

AKP Yap Dwi Tirta selaku narasumber juga menyampaikan dalam kegiatan ini terkait beberapa atensi khusus untuk Polsus Pemasyarakatan Lapas IIA Parepare untuk segera melakukan koordinasi dalam rangka pelatihan-pelatihan yang sifatnya teknis pengamanan serta kepemilikan Kartu Tanda Anggota (KTA) Polsus.

Turut hadir dalam kegiatan ini :
1. Kepala Lapas IIA Parepare,
2. AKP. Anwar, SH selaku Kasat Binmas Polres Parepare,
3. IPDA Hamka, S.Pd Kaurbin Ops. Sat Binmas Polres Parepare,
3. Aiptu Bartolomeus Ps. Kanit Bhabinkamtibmas Binmas Polres Parepare,
4. Perwakilan Kepolisian Khusus Kehutanan Parepare.
5. Pejabat Struktural Eselon IV V dan pejabat Fungsional Umum dan Tertentu Lainnya Lapas IIA Parepare.
6. Babinsa Dan Babinkamtibmas Kecamatan Bacukiki Kota Parepare.
Kegiatan ditutup dengan pemberian doorprize kepada Bahri, SH, MH selaku Kepala Seksi MINKAMTIB Lapas IIA Parepare dari DITBINMAS POLDA Sulawesi Selatan.

Seluruh pelaksanaan kegiatan berjalan lancar tertib dan aman serta tetap memperhatikan protokol kesehatan.(Rilis)

Pos terkait