Gol Semata Wayang, Timnas Indonesia Tumbangkan Vietnam di Final Piala AFF U-22

  • Whatsapp

Kumbanews.com –  Timnas Indonesia berhasil lolos ke Final Piala AFF U-22 setelah mampu mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0 berkat gol yang dicetak oleh Lutfi Kamal pada menit ke-70.

Jalannya babak pertama cukup menyulitkan bagi Indonesia, sebab Vietnam menerapkan formasi 5 bek. Selain itu, pejagaan ketat terhadap Marinus Mawenar juga semakin menyulitkan anak-anak asuh Indra Sjafri menciptakan peluang.

Bacaan Lainnya

Bahkan, pada menit ke-16 Marinus sempat dilanggar oleh Nguyen Van Hanh. Tak jarang Marinus dikawal oleh dua hingga tiga pemaini Vietnam.

Peluang perdana Timnas Indonesia baru didapatkan pada menit ke-34 berkat tendangan bebas dari Bagas Adi. Sayang, tendangannya masih mampu diamankan  oleh kiper Vietnam, Phan Van Bieu.

Upaya yang dilakukan oleh kedua tim masih belum mampu mengubah keadaan sehingga babak pertama berakhir 0-0.

Muhammad Lutfi Kamal

Timnas Indonesia nyaris saja membuka babak kedua dengan sebuah gol andai sundulan Marinus hasil umpan silang Witan Sulaeman pada menit ke-48 tak ditepis oleh Phan Van Bieu.

Gol bagi Indonesia baru tercipta pada menit ke-70 melalui tendangan bebas yang dieksekusi Lutfi Kamal. Tendangan bebasnya yang sempat menyentuh tangan salah satu pemain Vietnam membuat bola sedikit berubah arah ke kiri gawang sehingga kiper Phan Van Bieu mati langkah dan tak mampu menghalaunya.

Ketinggalan satu gol memaksa Vietnam langsung mengeluarkan sang pencetak gol terbanyak, Tran Danh Trung yang sedang tidak fit. Sebaliknya, Indonesia terlihat mulai memperlambat tempo dan mengulur-ngulur waktu. Bahkan, Awan Setho harus diganjar kartu kuning karena dianggap wasit membuang-buang waktu.

Selain itu, Witan yang berposisi sebagai gelandang ditarik keluar oleh Indra digantikan oleh Rachmat Irianto sehingga Indonesia bermain dengan tiga bek tengah.

Sempat terjadi kemelut di depan gawang Timnas Indonesia U-22 pada menit ke-78. Namun, bola berhasil disapu jauh oleh pemain bertahan Timnas Indonesia sehingga gawang Timnas terselamatkan.

Tak ada gol lagi yang tercipta hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan. Indonesia pun hanya tinggal menunggu pemenang pertandingan Kamboja melawan Thailand yang baru bertanding malam nanti.

Pos terkait