Jaga Hubungan Baik, Humas Balai Pelatihan Pertanian Jalin Kemitraan dengan Media

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Humas Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku mendatangi Sekretariat Group Wartawan Media Online ( GoWa-MO ), di cafe Jaman Now jalan Tumanurung Raya No B 28, Rabu, 13 Maret 2019.

Dalam kunjungan ini pihak BBPP Batangkaluku melalui kasubag Humas Masri Asis yang merupakan agenda aktivitas individu untuk menjadi corong para insan pers untuk menjalin hubungan baik dengan media.

Bacaan Lainnya

Menurut Masri Asis, dalam kunjungan nya ke sekretariat GoWa-Mo merupakan salah satu strategi komunikasi Public Relations bagian dari humas profesional dalam menjaga hubungan baik dengan media.

“Melalui media, reputasi lembaga, instansi, atau perusahaan terbangun. Dukungan dan jaringan juga harus terbangun, maka kepercayaan public terhadap lembaga akan makin kuat sebab pesan yang disampaikan media dapat diterima publik dengan baik pula,” ujar Masri.

Lanjut jelasnya, ia dalam profesi humas atau public relation, hubungan media juga sering kali dipahami sebagai penanganan krisis dengan pemberitaan tentang hal-hal positif tentang perusahaan saat sedang dilanda berita negatif.

“Media dan humas dalam posisi saling memanfaatkan dengan kata lain Simbiosis mutualisme, sebagai contoh, sebuah instansi akan mendapatkan keuntungan berupa citra positif ketika kegiatan sosialnya diliput media. Pada saat yang sama, media juga diuntungkan karena mendapatkan berita. Untuk melaksanakan hubungan media yang efektif, harus menjaga komunikasi terus-menerus, membangun kredibilitas dan kepercayaan, dan menyediakan informasi yang relevan tentang organisasi ” jelasnya.

Sekedar di ketahui Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku merupakan salah satu UPT Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian berperan penting dalam meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia pertanian melalui pelatihan.

Tugas Pokok BBPP Batangkaluku yaitu Melaksanakan Pelatihan Fungsional Bagi Aparatur, Pelatihan Teknis dan Profesi dan Mengembangkan Model dan Teknik Pelatihan Fungsional dan Teknis di Bidang Pertanian Bagi AParatur dan Non Aparatur Pertanian.

Dimana tantangan yang dihadapi BBPP Batangkaluku adalah berupaya keras agar dapat mewujudkan VISI, yaitu  menjadi  lembaga pelatihan terpercaya dan berdaya saing untuk menghasilkan SDM  pertanian kreatif, inovatif dan profesional.

Meretas jalan untuk mewujudkan visi dari sejak kehadiran lembaga pelatihan ini, bukanlah hal yang mudah. Jalan panjang dan berliku telah dilalui, tantangan datang silih berganti termasuk seringnya terjadi perubahan dan penyesuaian organisasi karena tuntutan perkembangan pembangunan pertanian. (*)

Pos terkait