Jenazah Dorce Gamalama Disalatkan dan Dimakamkan Secara Laki-laki, Ini Penjelasan Imam Masjid

  • Whatsapp

Jenazah Dorce Gamalama saat dishalatkan.

Kumbanews.com – Dorce Gamalama menghembuskan nafas terakhirnya hari ini, Rabu (16/2/2022). Jenazah Dorce akan dibawa ke masjid miliknya, yakni Al Hayyu di Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, sebelum dimakamkan.

Bacaan Lainnya

Mengenai wasiat Dorce yang ingin dimakamkan sebagai perempuan, keinginan tersebut tak bisa terpenuhi. Pasalnya, Ustaz Anan Muhajir selaku pengurus Masjid Al-Hayyu sudah sepakat dengan seluruh pihak untuk menyalatkan jenazah Dorce dengan niat laki-laki.

“Saya (salatkan) pakai laki-laki, hasil musyawarah,” ujar Ustaz Anan Muhajir saat ditemui di Masjid Al-Hayuu, Rabu (16/2/2022).

Meski Dorce Gamalama meninggal dengan hasil tes positif Covid-19, Ustaz Anan Muhajir tetap menggelar salat jenazah. Jenazah akan berada di dalam mobil dan tidak diturunkan selama salat berlangsung.

“Di mobil (jenazah), nggak usah turun tidak apa-apa, nggak usah turun,” katanya.

Diketahui sebelumnya, almarhum Dorce Gamalama sempat mengaku ke Denny Sumargo kalua dirinya sudah siap kapan saja jika ajal datang menjemputnya. Kain kafan dan makam bahkan sudah dipersiapkan.

“Semua sudah siap. Di rumah saya yang di Lubang Buaya, ada masjid. Nah, di sebelahnya, saya sudah mempersiapkan makam untuk saya nanti,” kata mendiang Dorce Gamalama.

Bukan hanya mempersiapkan kain kafan dan makam, almarhum Dorce Gamalama pun sudah menentukan akan seperti apa dia dimakamkan kelak. Dengan tegas, dia mengatakan ingin dimakamkan seperti apa dirinya saat ini, yakni sebagai perempuan.

“Setelah operasi, saya menjadi perempuan dan punya kelamin perempuan. Jadi kalau saya meninggal dunia, saya mau dimakamkan sebagai perempuan,” ujarnya kala itu.

Menanggapi hal tersebut, Ustaz Anan tak berkomentar banyak. Dia mengatakan, semua keinginan manusia tak harus terlaksanakan sementara segala sesuatunya sudah dipersiapkan oleh Sang Pencipta.

“Itukan keinginan, semua keinginan tidak semua terlaksana. Allah yang tahu,” ujar Ustaz Anan.

 

 

Pos terkait