Jokowi Bebaskan Abu Bakar Ba’asyir Dari Penjara Jelang 3 Bulan Sebelum Pilpres

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Narapidana terorisme Abu Bakar Ba’asyir bakal menghirup udara bebas dari Lembaga Pemasyarakatan (LP) teroris Gunung Sindur, Bogor.

Pembebasan ustaz Ba’asyir ini berkat hasil “lobi”  pengacara Yusril Ihza Mahendra kepada Presiden Joko Widodo.

Bacaan Lainnya

“Saya telah berhasil meyakinkan Presiden Joko Widodo untuk membebaskan ustaz Abubakar Ba’asyir,” kata Yusril dilansir RMOL.co, (Jumat, 18/1).

Yusril menirukan kalimat Jokowi yang menegaskan mantan Gubernur DKI Jakarta itu sangat prihatin dengan keadaan ustaz Abubakar.

“Karena presiden meminta saya untuk menelaah, berdialog dan bertemu ustaz Ba’asyir di LP Gunung Sindur,” tambah Yusril.

Yusril menilai, Ba’asyir sudah mendekam dalam LP selama sembilan tahun dari pidana lima belas tahun yang dijatuhkan. Karena itu, sambung Yusril, sudah saatnya Ba’asyir menjalani  pembebasan tanpa syarat-syarat yang memberatkan.

“Presiden Jokowi juga berpendapat bahwa ustaz Ba’asyir harus dibebaskan karena pertimbangan kemanusiaan,” tegas Yusril.

Tak butuh lama, Yusril segera bertemu dengan Ba’asyir di LP teroris Gunung Sindur Bogor, hari ini, Jumat 18 Januari 2019.

“Semua pembicaraan dengan ustaz Ba’asyir akan dilaporkan ke Presiden, lebih meyakinkan beliau (Jokowi) bahwa cukup alasan untuk membebaskan Ba’asyir dari penjara,” ungkap Yusril.

Yusril menyatakan pembebasan Ba’asyir akan dilakukan secepatnya sambil membereskan administrasi di LP.

Ba’asyir, kata Yusril, meminta waktu setidaknya tiga hari untuk membereskan barang-barangnya yang ada di sel penjara.

“Setelah bebas, Ba’asyir akan pulang ke Solo dan akan tinggal di rumah anaknya, Abdul Rahim,” tutur Yusril.

Sementara itu, ustaz Abubakar Ba’asyir mengucapkan rasa syukur kehadirat Allah atas pembebasannya dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah mengambil inisiatif pembebasan dirinya.

“Pak Yusril ini saya kenal sejak lama. Beliau ini orang berani, sehingga banyak yang memusuhinya. Tetapi saya tahu, beliau menempuh jalan yang benar,” ucap Ba’asyir seperti ditirukan juru rawat yang memeriksa kakinya yang sakit.

Pos terkait