Jokowi Perintahkan Menteri BUMN dan Plt Gubernur Menggeser Depo Pertamina ke Pulau Reklamasi

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Presiden Joko Widodo perintahkan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono untuk segera mencari solusi.

Hal tersebut berkaitan dengan peristiwa kebakaran di Depo Pertamina Plumpang, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, pada Jumat (3/3/2023) malam.

Bacaan Lainnya

“Saya sudah perintahkan kepada Menteri BUMN dan Gubernur DKI untuk segera mencari solusi dari kejadian yang terjadi di Plumpang,” ujar Presiden Jokowi usai meninjau posko pengungsian korban kebakaran Depo Plumpang Pertamina, di RPTRA Rasela, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, Minggu (5/3/2023).

Presiden Jokowi menegaskan bahwa Plumpang adalah zona yang berbahaya dan tidak bisa dijadikan untuk tempat tinggal oleh masyarakat.

Oleh karena itu katanya, Erick dan Heru memiliki tanggung jawab besar untuk segera memikirkan keberlanjutan masyarakat yang tinggal di Plumpang.

“Bisa jadi Plumpang (deponya) digeser ke reklamasi. Atau mungkin penduduknya yang digeser ke relokasi,” ucap Presiden Jokowi.

Nantinya keputusan tersebut akan disampaikan oleh Erick dan/atau Heru dalam waktu dekat ini.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi juga memerintahkan kepada jajarannya untuk melakukan audit terhadap zona-zona berbahaya yang masih berada di lingkungan masyarakat.

“Harus diaudit semuanya, karena ini kan menyangkut nyawa. Tadi saya sudah perintahkan Pak Erick dan Pak Heru,” kata Presiden Jokowi.

Sebagai informasi, hingga saat ini korban meninggal dunia akibat kebakaran Depo Plumpang Pertamina menjadi 19 orang.

Kesembilan belas korban meninggal dunia tersebut saat ini masih berada di RS Polri untuk dilakukan identifikasi lebih lanjut.

Sementara itu, terdapat 49 jiwa mengalami luka berat, 18 orang yang masih hilang dan sedang dalam pencarian.

Pantauan Wartakotalive.com di lokasi, Presiden Jokowi hadir di RPTRA Rasela pukul 09.55 WIB, didampingi oleh Menteri BUMN, Erick Thohir dan Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.

Presiden Jokowi tampak berinteraksi dengan ratusan pengungsi yang berada di dalam tenda RPTRA Rasela.

Para pengungsi pun menunjukkan wajah yang sumringah lewat senyumannya saat Presiden Jokowi beserta jajaran datang ke lokasi.

Kemudian, Presiden Jokowi beserta istri juga memberikan (secara simbolis) bantuan makanan kepada beberapa pengungsi yang ia datangi.

Sementara itu, para pengungsi yang lain tampak sedang saling bercengkerama satu sama lain.

Beberapa ibu-ibu juga mengambil logistik dan makanan yang telah disediakan di posko-posko bantuan.

Sementara itu, terlihat pula puluhan anak-anak sedang dihibur oleh Layanan Dukungan Psikososial Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI).

Lalu juga, beberapa relawan tampak sibuk menyiapkan bantuan yang akan diberikan kepada ratusan pengungsi yang ada di RPTRA Rasela.

Source: tribunnews

Pos terkait