Kadispar Makassar Ucapkan Selamat Maulid Nabi Muhammad SAW

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Dinas Pariwisata Kota Makassar mengucapkan selamat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW pada 12 Rabiulawal 1446 Hijriah atau bertepatan pada Senin (16/9/2024).

Ucapan selamat ini disampaikan melalui akun media sosial Dispar Makassar, Senin (16/9/2024).

Maulid Nabi Muhammad kadang-kadang Maulid Nabi atau Maulud saja adalah peringatan hari lahir Nabi umat Islam yaitu Nabi Muhammad SAW, yang menurut tradisi sebagian Sunni jatuh pada 12 Rabiulawal dan Syiah pada 17 Rabiulawal dalam penanggalan Hijriyah.

Kata maulid atau milad dalam bahasa Arab berarti hari lahir. Perayaan Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah kematian Muhammad. Secara subtansi, peringatan ini adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Muhammad.

Dilansir dari website resmi Kementerian Agama RI, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan bahwa Maulid bukan hanya momentum mengenang kelahiran Rasulullah SAW tetapi juga menghayati ajaran-ajaran luhur yang disampaikan.

Menurutnya, Rasulullah SAW adalah teladan sempurna dalam berbagai aspek kehidupan, baik sebagai hamba Allah, pemimpin umat, hingga sebagai negarawan yang membangun masyarakat Madinah dengan prinsip keadilan, toleransi, dan kasih sayang.(**)

Pos terkait