Kalapas IIA Gandeng Dinas Ketahanan Pangan Lakukan Tanam Perdana Bibit Sayur di Rumah Kemandirian Sarana Asimilasi dan edukasi warga Binaan Pemasyarakatan

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Awal musim penghujan bertempat dirumah kemandirian Sarana Asimilasi dan Edukasi Warga Binaan pemasyarakatan, Kepala Lapas IIA Parepare Bapak Totok Budiyanto Amd.IP, SH didampingi Kasie Kegiatan Kerja Abdullah, S.Pd, M.Si, Kasie MINKAMTIB Bahri, S.Sos, M.Si, Kasubsi Sarana Kerja Syamsul Alam, SH, MH melakukan penanaman perdana bibit sayur berupa lombok, terong, tomat dan kangkung. Adapun bibit sayuran merupakan bantuan dari Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Parepare sebagai tindak lanjut dari Perjanjian Kerja Sama, Jumat (01/12/2023).

Pemanfaatan lahan perkebunan dan pertanian di Lapas IIA Parepare di peruntukan sebagai program pembinaan dan bimbingan kemandirian bagi warga binaan yang telah memenuhi persyaratan administrasi maupun substantif. Dimana penyelenggaraan Sarana Asimilasi Edukasi bagi warga binaan di Lapas Kelas IIA Parepare berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jendral Pemasyarakatan Nomor : PAS-403.PK.01.04.04 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE). Dimana Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) Lapas IIA Parepare merupakan tempat pembinaan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan.

Bacaan Lainnya

Warga binaan yang bekerja di Sarana Asimilasi dan Edukasi juga tidak sembarangan. Sebelumnya mereka harus melalui proses sidang TPP oleh Tim Pengamat Pemasyarakatan. Persyaratannya yaitu berkelakuan baik dan tidak pernah melakukan pelanggaran. Sarana Asimilasi dan Edukasi menjadi wadah untuk membina dan mendidik Warga Binaan Pemasyarakatan sebelum mereka keluar dan kembali ke masyarakat.

Kegiatan Rumah Kemandirian Sarana Asimilasi Edukasi Lapas IIA Parepare meliputi pertanian, perkebunan dan perikanan. Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan ketahanan pangan di bidang pertanian, perkebunan dan perikanan.

Dimana Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Parepare telah banyak membantu program pembinaan dan bimbingan bagi warga binaan dengan menerjunkan pejabat fungsionalnya memberikan pendampingan dan penyuluhan bidang perkebunan di Lapas IIA Parepare secara berkelanjutan.

Hal ini sebagai tindak lanjut dari Perjanjian Kerja Sama yang telah ditandatangani bersama. Selama ini tim penyuluh perkebunan dengan intens memberikan pendampingan dan penyuluhan kepada warga binaan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Parepare memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kepala Lapas IIA Parepare yang telah membuat terobosan baru dengan membangun inovasi ”Rumah Kemandirian Sarana Asimilasi Edukasi Lapas IIA Parepare” yang merupakan sentral program pembinaan dan bimbingan kemandirian bagi warga binaan bidang pertanian perkebunan perikanan.

Sehingga hari ini awal musim penghujan bisa tanam perdana sayuran berupa lombok, terong, tomat dan kangkung. Semoga kedepannya hasilnya dapat memberikan manfaat bagi warga binaan sebagai upaya mewujudkan ketahanan pangan.

Kepala Lapas IIA Parepare menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kota Parepare, khususnya Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Parepare atas perhatian dan kepeduliannya terhadap warga binaan yang saat ini sedang menjalani masa pidananya.

Lapas Kelas IIA Parepare dan instansi terkait akan terus melakukan kerjasama dalam meningkatkan sinergisitas dan kolaborasi untuk memberikan pelayanan pembinaan dan bimbingan terbaik kepada warga binaan pemasyarakatan mewujudkan Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM.(Rls)

Pos terkait