Kalapas IIA Parepare Ucapkan Syukur, 7 Orang Warga Binaannya Selesaikan Ujian Program Pendidikan Kesetaraan Paket A dan B

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Warga binaan Permasyarakatan (WBP) Lapas IIA Parepare sebanyak 7 orang mengikuti ujian pendidikan kesetaraan paket A dan B (Setara SLTA), bertempat di UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Parepare, Jalan H. Agus Salim NO.71, Kampung Baru, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare Propinsi Sulawesi Selatan, Sabtu (25/05/2024).

Kepala Lapas (Kalapas) IIA Parepare Totok Budiyanto, Amd.IP, SH didampingi Sumang, S.Pd Kepala UPTD SPNF SKB Parepare, Kepala Seksi MINKAMTIB Bahri, S.Sos, M.Si, KA KPLP Dedy Sutaryadi R, A.Md.IP, SH, MH, Kepala Seksi Bimnadik Muchamad Zaenal Fanani S.Sos.,M.M, Kasubsi Bimkemaswat Nur Alim Syah, SH menyampaikan bahwa berdasarkan UUD 1945 Pasal 31 pada ayat (1) Warga negara berhak mendapat pendidikan.

Bacaan Lainnya

“Warga binaan pemasyarakatan adalah anak didik yang berhak mendapatkan pendidikan, pengajaran dan rekreasional (UU No 22 Tahun 2022 Tentang Pemasyarakatan pada Pasal 12). Adapun tujuan utama pendidikan kesetaraan ke depan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan menjamin penyelesaian pendidikan dasar yang bermutu bagi yang kurang beruntung (putus sekolah, putus lanjut, tidak pernah sekolah) dan mendapatkan ijasah setara dengan pendidikan umum lainnya” tegas Kalapas IIA Parepare.

Pendidikan Kesetaraan Paket A, B, dan C merupakan solusi bagi Warga Binaan Pemasyarakatan yang saat ini menjalani masa pidananya di Lapas IIA Parepare yang putus sekolah namun ingin memiliki pengetahuan, kemampuan dan ijazah setara dengan SD, SMP, dan SMA. Warga Binaan sebagai siswa didik mendapatkan pelajaran setara dengan pendidikan umum sesuai dengan tingkatannya.

Kegiatan pembelajaran kejar paket A, B dan C di Lapas IIA Parepare dilaksanakan secara fleksibel dibandingkan dengan sekolah formal artinya pembelajaran dilaksanakan tidak penuh dalam 1 Minggu melainkan hanya dilaksanakan 3 kali dalam seminggu. Pembelajaran dimulai pukul 09.00 Wita sampai dengan 12.00 Wita.

Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Parepare HM. Makmur Husain, S.Pd. MM sekali lagi sangat mengapresiasi langkah dan upaya strategis Kepala Lapas IIA Parepare dalaam meningkatkan kualitas layanan dan pembinaan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan salah satunya bidang pendidikan.

Sementara ini pada kurikulum pengajaran Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare telah menetapkan 6 orang guru sebagai tenaga pengajar pendidikan kesetaraan paket A, B Dan C di Lapas IIA Parepare sebagai berikut :

1. Hj. Marmi. S.Pd . mata pelajaran PPKN, sosiologi, bhs. Indonesia, IPS.
2. Ida Wahyuni, S.Pd. Mata pelajaran matematika, ekonomi, bhs. Indonesia.
3. Jawisa, S.Pd. Mata pelajaran matematika, IPA, sejarah.
4. Rismayani, S.Pd. Mata pelajaran pendidikan agama Islam, sejarah.
5. Sukmawati, S.Pd. Mata pelajaran bhs. Inggris, TIK.
6. Rajaif Umar, S.Pd. Mata pelajaran PJOK dan SBDK.

Setelah warga binaan menyelesaikan pendidikan kesetaraan akan mendapatkan ijazah. Ijazah sebagai tanda kelulusan, yang kemudian dapat dipakai untuk mendaftar ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, baik ke sekolah menengah, atas ataupun ke perguruan tinggi, atau bagi yang hendak langsung bekerja, Ijazah juga dapat dipergunakan sebagai kelengkapan persyaratan lamaran kerja.

Hal ini sesuai dengan harapan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan bahwa program pembinaan dan bimbingan kepada Warga Binaan yang telah dilaksanakan oleh Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Parepare bisa bermanfaat setelah bebas nantinya. Ditambahkan dengan program pelatihan kemandirian bersertifikasi.

Lapas Kelas IIA Parepare dibawah kepemimpinan Totok Budiyanto, AmdIP, SH sangat aktif koordinasi dan bekerja sama dengan seluruh jajaran dalam rangka pembenahan secara menyeluruh baik bidang pembinaan, bimbingan, pelayanan dan keamanan serta ketertiban.

Kepala Lapas IIA Parepare mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kota Parepare melalui Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare beserta jajaran dan seluruh Pejabat Struktural Eselon IV , V beserta jajarannya serta Komandan Regu pengamanan beserta jajaran pada Lapas IIA Parepare yang telah bekerja keras kerja cerdas dan kerja ikhlas sehingga pelaksanaan kegiatan hari ini berjalan lancar dan tertib.

Pos terkait