Kata BI soal Mahar Kaesang dan Erina: Diambil dari Tempat Penyimpanan Bukan Cetak Khusus!

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Uang tunai mahar pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono kini viral di media sosial. Pasalnya, uang tunai senilai Rp300 ribu itu memiliki nomor seri unik dan arti tersendiri.

Pihak Bank Indonesia (BI) akhirnya angkat bicara terkait mahar tersebut. Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, menyebut pihaknya tidak secara khusus melakukan pencetakan uang mahar pernikahan itu.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, BI memang secara khusus mengeluarkan seri uang tersebut dari tempat penyimpanan atau khazanah untuk uang mahar pernikahan Kaesang demi promosi Rupiah desain baru.

“Setiap uang kertas yang dicetak BI memiliki nomor seri khusus sehingga tidak ada nomor seri ganda,” ungkap Erwin melansir Suara.com, Jumat (16/12).

Ia menjelaskan, nomor seri khusus itu menerapkan pola kombinasi berurutan mengikuti urutan huruf dan angka. Kemudian, uang yang sudah dicetak disimpan di khazanah atau tempat penyimpanan uang kertas dan logam milik BI.

Rupiah yang ada di khazanah itu bisa dikeluarkan secara khusus pada momen tertentu. Sehingga, uang seri khusus mahar pernikahan Kaesang-Erina adalah uang yang sudah dicetak dan tersimpan di khazanah.

“Bukan pesen khusus lalu kami cetak baru, tetapi dari stok yang ada bisa kita carikan,” ujar Erwin.

Kendati demikian, Erwin mengatakan dikeluarkannya uang seri khusus dari khazanah BI tidak dapat dilakukan sembarangan. Bank sentral akan mempertimbangkan momentum spesial yang menjadi pusat perhatian publik.

BI menilai pengeluaran nomor seri khusus dari khazanah dalam pernikahan Kaesang dapat menjadi sarana promosi Rupiah desain baru yang dikeluarkan 17 Agustus lalu.

Source : populis

Pos terkait