Kemenkumham Sulsel Bentuk Tim Usut Dugaan Peredaran Narkoba di Lapas Makassar

  • Whatsapp

Kepala Bagian Program dan Humas Kanwil Kemenkumham Sulsel, John Batara Manikallo. (Foto: Ucu/Kumbanews)

Kumbanews.com – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan merespon cepat terkait informasi adanya dugaan peredaran narkoba di Lapas Klas 1 Makassar yang terindikasi melibatkan petugas lapas. Pihak Kanwil telah membentuk tim untuk mengetahui kebenaran informasi tersebut.

Bacaan Lainnya

“Pak Kepala Kanwil sudah tahu makanya dibentuk tim. Tim kami dari Kanwil sudah dibentuk dan akan turun secepatnya ke Lapas untuk memeriksa kebenaran berita tersebut,” kata Kepala Bagian Program dan Humas Kanwil Kemenkumham Sulsel, John Batara Manikallo, Kamis (4/3).

Dia mengatakan pihaknya tidak bisa menentukan kapan waktu pemeriksaan itu dilakukan karena tergantung dari keadaan di Lapas nantinya. Hasil pemeriksaan, kata John, akan disampaikan ke media massa.

“Hasil pemeriksaan Lapas secepatnya kami sampaikan ke teman-teman media. Kalau benar informasi itu dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku,” ujarnya.

Sebelumnya, informasi adanya dugaan peredaran narkoba di Lapas Klas I Makassar disampaikan salah seorang narapidana berinisial AR. Dia menceritakan untuk memasok nakoba masuk ke lapas harus bekerjasama dengan oknum petugas lapas. Kerjasama yang dimaksud adalah memberikan uang sebagai bentuk upeti ke oknum petugas.

Tak hanya AR, beberapa napi lainnya juga melakukan hal yang sama. Selama menjalani hukuman di lapas, AR menyebutkan beberapa nama napi yang sudah dikenal sebagai penjual narkoba di kalangan petugas lapas antara lain berinisial HDM dan DI.

Sementara, Kepala Lapas Klas 1 Makassar, Herwono Sugiastanto membantah ada peredaran narkoba di lapasnya. Kalau ada penyalagunaan narkoba di lapas tentukan pihaknya langsung bergerak cepat bertindak.

“Tidak ada hal yang demikian di rutan Makassar itu. Kalau ada kami cepat bergegas masuk ke dalam dan menutup pintu,” kata Herwono.

 

Pos terkait