Kisah Nabi Adam AS, Manusia Pertama yang Diciptakan Allah SWT

  • Whatsapp

Ilustrasi

Kumbanews.com – Dalam ajaran agama Islam, ada 25 nabi yang dikisahkan hidupnya. Yang pertama adalah Nabi Adam AS. Nabi Adam As adalah manusia pertama yang diciptakan Allah SWT. Ia juga untuk menjadi Khalifah pertama di muka bumi.

Bacaan Lainnya

Pada suatu ketika, Allah mengatakan kepada malaikat dan iblis bahwa Ia akan menciptakan manusia yang terbuat dari tanah untuk menjadi khalifah di muka bumi. Hal ini terdapat dalam surat Al-Baqarah ayat 30.

“Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada pada malaikat, ‘Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi’,” terjemahan surat Al-Baqarah ayat 30.

Kemudian, Allah pun memerintahkan para malaikat untuk mengambil tanah yang ada di bumi untuk membawanya ke surga. Malaikat Izrail berhasil menjalankan tugas dari Allah untuk mengambil sari pati tanah di Bumi.

Allah kemudian menciptakan makhluk hidup yang paling sempurna yang memiliki akal dan pikiran. Manusia pertama yang diciptakan diberi nama Adam AS. Para malaikat pun diminta untuk bersujud sebagai bentuk penghormatan pada Adam. Semua malaikat dan seluruh ciptaan Allah bersujud dihadapan Adam kecuali iblis.

Iblis tidak mau bersujud lantaran merasa dirinya lebih tinggi dibanding Adam karena diciptakan Allah dari api. Akhirnya Allah mengusir iblis dari surga. Iblis pun berjanji akan menggoda Nabi Adam AS dan keturunannya sampai hari kiamat tiba agar tidak mau bersarah diri dan menuruti perintah Alah. (*)

Pos terkait