Kurangi Sampah Plastik, Pembagian Daging Kurban Pemkab Maros Pakai Besek Bambu

  • Whatsapp

Kabag Kesra Andi Darmawan saat menyerahkan daging kurban secara simbolis kepada warga

Kumbanews.com – Penggunaan kantongan plastik untuk pembagian daging kurban umumnya paling sering dilakukan. Namun hal ini tidak dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab Maros).

Bacaan Lainnya

Dalam melakukan pembagian daging kurban, Pemkab Maros menggunakan besek dari anyaman bambu. Daging 1 kg dibungkus menggunakan besek bambu kemudian dibagikan kepada warga.

Terkait penggunaan besek bambu tersebut Kabag Kesra Andi Darmawan mengatakan untuk mengurangi sampah plastik.

“Itu untuk mengurangi sampah plastik, makanya kita (Pemkab Maros) menggunakan besek,” katanya saat ditemui di sela-sela pembagian daging kurban di Lapangan Pallantikang, Senin (17/06/2024).

Lebih lanjut, Darmawan mengatakan daging kurban Pemkab Maros dibagikan kepada masyarakat umum, tukang becak, guru mengaji hingga petugas cleaning.

“Daging kurban yang kami terima dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dibagikan kepada 875 penerima yang terdiri dari nasyarakat umum, tukang becak, guru mengaji hingga petugas cleaning” katanya.

Darmawan menjelaskan pihaknya membagikan daging kurban berdasarkan jumlah daging kurban yang disetorkan OPD. Karena penyembelihan sapi dilakukan di masing-masing OPD.

“Penyembelihan sapi kurban dilakukan di masing-masing OPD. Selanjutnya setiap OPD menyetorkan 25 kg ke Kesra kemudian dibagikan kepada warga,” jelasnya.

“Setiap OPD hanya menyetorkan 25 kg daging ke Kesra karena mereka juga melakukan pembagian kepada jajarannya yang memang membutuhkan. Seperti para tenaga honorernya,” tambahnya.

Untuk jumlah keseluruhan sapi kurban yang disembelih pada lebaran Idul Adha tahun ini, Darmawan menyebut totalnya 35 ekor sapi.

“Dari semua OPD, totalnya 35 ekor sapi yang disembelih pada momentum hari raya Idul Adha 1444 H,” pungkasnya. (***)

Pos terkait