L-Kompleks Desak Polisi Tetapkan Manajemen Hotel MaxOne Tersangka Dugaan Kasus Korupsi Disdik Makassar

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Kasus rekaman percakapan antara staf keuangan Dinas Pendidikan kota Makassar, dengan Kepala Bidang SD yang membahas tentang hotel MaxOne menjadi perhatian khusus Lembaga Swadaya Masyarakat Komunitas Peduli Lingkungan Ekonomi Sosial (L-Kompleks), Senin (02/09/2024).

Dari inti pembicaraan dalam rekaman itu diduga mengarah pada pengambilan uang hasil kegiatan yang dilaksanakan oleh Bidang SD yang direcoki oleh Kadis Pendidikan Kota Makassar, dimana ia mengarahkan staf keuangan untuk langsung ke hotel MaxOne untuk mengambil Uang tersebut tanpa berkoordinasi dengan Kabid SD.

Bacaan Lainnya

Ruslan Rahman selaku sekretaris Jendral L-Kompleks mengatakan, hotel MaxOne dalam hal ini patut diduga terlibat kongkalikong dengan Dinas Pendidikan yang dapat merugikan keuangan negara, dimana hotel MaxOne selaku tempat penyelenggaraan kegiatan diduga memberikan potongan harga kepada penyelenggara kegiatan, namun melakukan penagihan sesuai dengan harga tercantum dari daftar harga normal hotel.

“Kami mensinyalir hotel MaxOne memberikan harga dibawah harga tarif hotel dan melakukan penagihan ke Disdik Makassar sesuai tarif hotel normal sehingga negara dirugikan akibat perbuatan tersebut,” ucap Ruslan.

Keterlibatan hotel MaxOne dalam hal ini patut diduga melanggar undang-undang tindak pidana korupsi yakni UU no. 31 Tahun 1999 Jo. UU no. 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi dan juga dapat dikenakan pasal 55 KUHP.

Untuk Ruslan mendesak Polrestabes Makassar, untuk segera menetapkan manajemen hotel MaxOne sebagai tersangka bila telah memenuhi unsur dan segera menahan siapapun yang terlibat dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi anggaran perjalanan dinas dalam kota pada Dinas Pendidikan (Disdik) kota Makassar yang dapat merugikan keuangan negara.

Lanjut Ruslan, L-Kompleks sebagai lembaga pemerhati korupsi akan terus memantau perkembangan kasus ini dan akan mengambil langkah tegas bila ada unsur-unsur yang akan menghentikan proses ini.

Meski beritanya viral, namun hingga detik ini belum ada respon dari pihak hotel MaxOne maupun Dinas Pendidikan (Disdik) kota Makassar.

Pos terkait