Lapas IIA Parepare Bersama Dinas Perpustakaan Kota Parepare Kembali Gelar Sabtu Sehat

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Bertempat di Lapangan Lapas IIA Parepare, dilaksanakan kegiatan senam bersama, budaya gemar membaca dan pemeriksaan kesehatan gratis dengan tajuk Gerakan Sabtu Sehat, Budaya Membaca Dan Literasi bagi Warga Binaan Pemasyarakatan yang sementara saat ini menjalankan masa pidana dan tahanan nya. Giat senam bersama ini diikuti oleh seluruh petugas Lapas IIA Parepare, Dinas Perpustakaan Kota Parepare dan Warga Binaan, Sabtu (8/06/2024).

Bahwa kegiatan yang positif ini dilakukan untuk mengubah paradigma perpustakaan yang dianggap sebagai gudang buku dan bertransformasi menjadi perpustakaan yang dapat memberdayakan masyarakat dengan pendekatan secara emosional. Gerakan budaya membaca dan literasi itu, rutin digelar Dinas Perpustakaan Parepare. Termasuk di Lapas IIA Parepare saat ini.

Bacaan Lainnya

Hadir langsung Kepala Dinas Perpustakaan Kota Parepare Drs. H. Ahmad Masdar, M.Si. menjelaskan melaui kegiatan senam bersama dan budaya gemar membaca pihaknya mengajak seluruh Warga Binaan untuk selalu sehat jasmani sekaligus gemar membaca. Karena itu, Dinas Perpustakaan Kota Parepare mengambil peran penting untuk membudayakan minat baca kepada Warga Binaan biarpun masih berada di Lapas yang sedang menjalankan masa pidana dan tahanannya. Hal ini tidak lepas dari langkah cerdas dan strategis Kepala Lapas IIA Parepare dalam meningkatkan kualitas pelayanan, perawatan, pembinaan dan bimbingannya kepada Warga Binaannya.

Kadis Perpustakaan Parepare juga mengatakan, dalam merealisasikan kerja sama yang telah terbangun sejak bulan Pebruari 2024 lalu, pihaknya rutin menghadirkan Layanan Mobile Perpustakaan bagi Warga Binaan di Lapas Kelas IIA Parepare. Kami bersyukur dan tentunya bangga melihat para Warga Binaan yang begitu antusias membaca buku, dan ini tentunya sangat bernilai positif karena meski sedang dalam masa proses pembinaan, mereka tetap sadar akan pentingnya literasi, sebagai salah satu upaya dalam menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Juga telah merealisasikan Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) 7372014G0000001 Perpustakaan LA MACCA Lapas IIA Parepare yang telah terdaftar di Perpustakaan Nasional. Dan memberikan akses perpustakaan digital kepada Lapas IIA Parepare. Penyebaran edukasi terkait literasi dan budaya baca untuk seluruh lapisan masyarakat, merupakan amanah dari PJ. Wali Kota Parepare, Dr. Drs. Akbar Ali, AP, M.Si, agar masyarakat dapat mengikuti perkembangan informasi, teknologi, dan program-program pemerintah. Ini juga sebagai wujud kepedulian Pemerintah Daerah Kota Parepare terhadap Warga Binaan bahwa mereka juga memiliki hak untuk mendapatkan pelayanan literasi yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

Sementara, Kalapas Kelas IIA Kota Parepare, Totok Budiyanto, Amd.IP, SH sangat mengapresiasi setinggi-tingginya kepada PJ. Walikota Parepare dan Kepala Dinas Perpustakaan Parepare yang telah memberikan layanan literasi bagi para Warga Binaan. Kami berharap sinergitas ini bisa terus terjalin dengan baik dan ditingkatkan, sehingga para Warga Binaan bisa tetap memperoleh informasi yang update, sekaligus menambah pengetahuan mereka yang nantinya mungkin bisa diterapkan selama berada di dalam Lapas. Untuk meningkatkan kemampuan literasi Warga Binaan, Lapas IIA Parepare meluncurkan inovasi LAMACCA (Layanan Membaca Keliling) yaitu memberikan pelayanan berdasarkan UU No 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan Pasal 12 ayat h Anak dan Anak Binaan berhak mendapatkan bahan bacaan dan mengikuti siaran media massa yang tidak dilarang.

Setelah kegiatan senam bersama Warga Binaan juga mendapatkan layanan pemeriksaan kesehatan gratis oleh dokter dan tim medis Lapas IIA Parepare.

Kepala Lapas IIA Parepare terus bertekad meningkatkan kualitas pelayanan bimbingan dan pembinaan kepada warga binaan pemasyarakatan. Kami bangga dan bahagia bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk warga binaan pemasyarakatan dan masyarakat.

Pos terkait