Lapas IIA Parepare Gandeng KPU Sosialisasi Pendidikan Pemilu Kepada Warga Binaan

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Kepala Lapas IIA Parepare Totok Budiyanto, AmdIP, SH membuka kegiatan Pendidikan Pemilu Kepada 50 orang warga binaan tindak lanjut perjanjian kerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kota Parepare, Kamis (1/06/2023).

Hadir dalam kegiatan sosialisasi pendidikan pemilihan umum komisioner KPU Kota Parepare,Hamzah. S.Th.I dan
Firman Mustafa. S. Pd.

Bacaan Lainnya

Sementara itu Kepala Lapas IIA Parepare Totok Budianto menyampaikan bahwa UU Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan mengamanatkan perbaikan secara mendasar dalam pelaksanaan fungsi pemasyarakatan yang meliputi pelayanan, pembinaan, pembimbingan kemasyarakatan, perawatan, pengamanan, dan pengamatan dengan menjunjung tinggi penghormatan, pelindungan, dan pemenuhan hak asasi manusia.

“Terkait dengan pemenuhan HAM, setiap warga negara Indonesia termasuk warga binaan pemasyarakatan yang sudah memiliki hak pilih, berhak untuk melakukan pemilihan umum pada Pemilu 2024 mendatang. Walaupun warga binaan sementara menjalani masa tahanan dan pidananya tetap diberikan hak untuk melakukan pemilihan pada Pemilu 2024,” ucap Totok Budianto.

Selanjutnya dalam pemaparan yang disampaikan, Komisioner KPU Parepare Divisi Hukum, Hamzah. S.Th.I selaku narasumber menjelaskan pentingnya pemilu. Menurutnya, pemilu merupakan ruang untuk menggunakan hak pilih.

“Di pemilu kita dapat memilih kembali orang-orang yang akan mengurus kita dan mengurus negara. Siapa orang yang dimaksud, Presiden dan wapres, DPD, DPR RI, DPRD,” terang Hamzah.

“Mereka itulah yang akan mengurus kita lima tahun ke depan. Hamsa menegaskan semua warga negara punya hak pilih. Termasuk masyarakat yang kini menjadi warga binaan lapas. Kata dia, kedudukan warga binaan lapas sama dengan masyarakat di luar, ” ujar Hamzah menambahkan.

Untuk persiapan jelang Pemilu yang akan diselenggarakan pada tahun 2024, Lapas IIA Parepare akan disiapkan 2 TPS Khusus bahkan 3 TPS Khusus bila jumlah hak pilih pemilu lebih dari 600 orang.

Sementara itu Kepala Lapas IIA Parepare juga berharap kepada seluruh warga binaan yang hadir untuk dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik.

” Kami berharap seluruh warga binaan hadir dalam memberikan hak suaranya, ” tutup Totok.

Seluruh pelaksanaan kegiatan berjalan lancar tertib dan terkendali serta tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Pos terkait