Lapas IIA Parepare Melaksanakan Giat Pembinaan dan Bimbingan Pelatihan Kemandirian Bersertifikat Bagi WBP

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Bertempat di Lapas IIA Parepare, dilaksanakan kegiatan pembinaan dan bimbingan pelatihan kemandirian bersertifikasi bagi warga binaan, Sabtu (24/06/2023).

Kegiatan bekerja sama dengan Lembaga Pelatihan Kerja YPA HANDAYANI Kota Parepare dengan tenaga instruktur dari Dinas Tenaga Kerja dan UMKM Kota Parepare di dampingi langsung oleh Bapak Abdullah, SH, MH selaku Kepala Seksi Kegiatan Kerja, Kasubsi Sarana Kerja Syamsul Alam, SH dan Kasubsi Bimbingan Kerja dan Pengelolaan Hasil Kerja Abdul Rahman, SH, MH.

Bacaan Lainnya

Pelatihan sekaligus praktek pengelasan adalah kegiatan pelatihan kemandirian bersertifikasi paket ke 3 (Tiga) dengan peserta 10 orang warga binaan pemasyarakatan.

Adapun seluruhnya ada 4 paket kegiatan dengan keluaran 40 orang berdasarkan DIPA SATKER LAPAS IIA PAREPARE TAHUN 2023.

Kepala Lapas IIA Parepare Totok Budiyanto, AmdIP, SH berharap dapat menyelesaikan Target Kinerja Tahun 2023 untuk mempercepat pelaksanaan implementasi akuntabilitas kinerja organisasi dan kinerja anggaran, dan pelaksanaan reformasi birokrasi di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM serta Meningkatkan kualitas dukungan manajemen, pembentukan regulasi, pelayanan dan penegakan hukum, serta pemajuan dan penegakan HAM sesuai Rencana Strategis (Renstra) serta mendorong tercapainya program prioritas. Sekaligus dapat melampaui target yang ditetapkan.

Kegiatan pelatihan kemandirian bersertifikasi bertujuan untuk menjadikan Warga Binaan Lapas IIA Parepare mendapatkan bekal setelah kembali kemasyarakat yang dapat berguna bagi bangsa dan negara sesuai dengan tujuan sistem pemasyarakatan. Dengan harapan seluruh peserta pelatihan setelah mengikuti kegiatan ini selain mempunyai keterampilan yang bersertifikat, bisa mendapatkan kesempatan untuk dapat diterima di dunia kerja dan dapat kembali melaksanakan fungsi sosialnya, baik sebagai anggota atau kepala keluarga maupun anggota masyarakat saat bebas nanti.

Pelatihan Kemandirian Bersertifikat bagi Warga Binaan yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan 4 paket kegiatan. Setiap paket kegiatan pelatihan kemandirian bersertifikasi berjumlah 10. Namun Kepala Lapas IIA Parepare Totok Budiyanto, Amd.IP, SH telah melakukan koordinasi dan melakukan penandatanganan PKS dengan Dinas Tenaga Kerja dan UMKM Kota Parepare dan Balai Pelatihan Vokasi Dan Produktifitas Pangkajene dan Kepulauan Merupakan (BPVP Pangkep) Adalah Lembaga Pelatihan Pelatihan Yang Melatih Dan Membentuk Calon Calon Tenaga Kerja Ataupun Calon Wirausaha Dengan Memberikan Ilmu Pengetahuan Dan Keterampilan Bagi Setiap Siswa/I Yang Dilatih Agar Mampu Menghadapi Kebutuhan Didunia Industri Dan Dunia Usaha.

Bantuan Paket Kegiatan Pelatihan Kerja Bersertifikasi gratis dari Dinas Tenaga Kerja Kota Parepare berupa pelatihan Meubeler dari kayu dengan peserta 16 orang. Dan paket kegiatan sosialisasi kepada warga binaan pemasyarakatan Lapas IIA Parepare terkait kewirausahaan.

Dari Balai Pelatihan Vokasi Dan Produktifitas Pangkajene dan Kepulauan Merupakan (BPVP Pangkep) memberikan bantuan Paket Kegiatan Pelatihan Kerja Bersertifikasi secara gratis kepada warga binaan Lapas IIA Parepare yaitu pelatihan pembuatan kue dan roti (Bakery) dengan peserta 16 orang. Rencana pelaksanaan bulan Juli 2023.

Seluruh pelaksanan kegiatan pelatihan kemandirian bersertifikasi bagi warga binaan Lapas IIA Parepare dengan pendampingan Kepala Seksi Kegiatan Kerja dan jajarannya berjalan lancar dan tertib serta tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Pos terkait