Lapas Parepare Berikan Bimbingan Pelatihan Kemandirian Bersertifikat bagi Warga Binaan

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Lapas IIA Parepare, menggelar kegiatan pembinaan dan bimbingan pelatihan kemandirian bersertifikasi bagi warga binaan.

Kegiatan ini bekerja sama dengan Lembaga Pelatihan Kerja YPA Handayani Kota Parepare dan diikuti 10 orang warga binaan pemasyarakatan.

Bacaan Lainnya

Sebagai pendamping kegiatan Abdullah, SH, MH selaku Kepala Seksi Kegiatan Kerja dan staf Lapas Kelas IIA Parepare. Pelatihan sekaligus praktek pembuatan Meubeler berbahan HPL mengatakan ” seluruhnya ada 4 paket kegiatan dengan keluaran 40 orang berdasarkan DIPA Satker Lapas IIA Parepare TAHUN 2023,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Lapas Kelas IIA Parepare Totok Budiyanto membeberkan bahwa Kegiatan ini bertujuan untuk menjadikan Warga Binaan Lapas Subang mendapatkan bekal setelah kembali kemasyarakatan yang dapat berguna bagi bangsa dan negara sesuai dengan tujuan sistem pemasyarakatan. Dengan harapan seluruh peserta pelatihan setelah mengikuti kegiatan ini selain mempunyai keterampilan yang bersertifikat, bisa mendapatkan kesempatan untuk dapat diterima di dunia kerja dan dapat kembali melaksanakan fungsi sosialnya, baik sebagai anggota atau kepala keluarga maupun anggota masyarakat saat bebas nanti.

“Pelatihan Kemandirian Bersertifikat bagi warga binaan yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan 4 paket kegiatan. Setiap paket kegiatan pelatihan kemandirian bersertifikasi berjumlah 10,” terang Totok, Minggu (30/04/2024).

Selanjutnya Totok juga mengaku kalau kegiatan tersebut telah melakukan koordinasi dan melakukan penandatanganan PKS dengan Dinas Tenaga Kerja dan UMKM Kota Parepare dan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktifitas Pangkajene dan Kepulauan (BPVP Pangkep). Balai ini merupakan Lembaga pelatihan- pelatihan yang melatih dan membentuk calon- calon tenaga kerja ataupun calon wirausaha dengan memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan bagi setiap siswa/i yang dilatih agar mampu menghadapi kebutuhan di dunia industri dan dunia usaha.

Pos terkait