Luas Area Panen Padi di Sulsel Capai 1,03 Juta Hektar, Produktivitasnya Bisa Sumbang Kebutuhan Nasional

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo turut mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau panen raya padi di Kelurahan Baji Pamai, Kecamatan Maros Baru, pada Kamis 30 Maret kemarin.

Mengenai produktivas padi di Kabupaten Maros dan Sulsel pada umumnya, Mentan Syahrul menyebut menunjukkan hasil yang sangat baik.

Bacaan Lainnya

“Hasilnya sangat baik dan terdapat surplus produksi yang bisa menyumbang kebutuhan nasional,”ujar Syahrul.

Lebih lanjut, Syahrul memaparkan luas panen di Sulsel mencapai 1,03 juta hektar dengan produksi padi mencapai 5,36 juta ton GKG, atau setara 3.07 juta ton beras. Produktivitas rata-rata 6 ton per hektare.

Sementara untuk ketersediaan beras secara nasional, Syahrul menyebut saat ini dalam kondisi aman dan sanggup mencukupi kebutuhan Ramadan dan Idul Fitri.

“Panen raya petani di sejumlah daerah mampu mencukupi kebutuhan Ramadan dan Idul Fitri,” ungkapnya.

Syahrul juga mengatakan Kementerian Pertanian selalu siap melaksanakan arahan Presiden untuk meningkatkan produksi dan produktivitas, diantaranya dengan melakukan pendampingan, memperluas akses pembiayaan, dan intervensi teknologi mekanisasi.

Dalam peninjauan panen raya di Kabupaten Maros ini, Bupati Maros Chaidir Syam turut hadir mendampingi Presiden.

Turut hadir pula Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. (***)

Pos terkait