Melalui Pelatihan Kemandirian, Kepala Lapas IIA Parepare Terus Tingkatkan SDM Warga Binaan Pemasyarakatan

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Bertempat di aula pendidikan dan pelatihan Lapas IIA Parepare, telah dilaksanakan kegiatan pembinaan dan bimbingan pelatihan kemandirian bersertifikasi bagi warga binaan. Kegiatan bekerja sama dengan Lembaga Pelatihan Kerja YPA HANDAYANI Kota Parepare dengan pendampingan Bapak Abdullah, SH, MH selaku Kepala Seksi Kegiatan Kerja, Syamsul Alam, SH, MH Kasubsi Sarana Kerja dan Abd. Rahman, SH, MH Kasubsi Bimbingan Kerja Dan PHK, Rabu (16/08/2023).

Dimana warga binaan diberikan pelatihan Barbershop dan tata rias kecantikan selama 10 (Sepuluh) mulai tanggal 14 Agustus sd 26 Agustus 2023. Kegiatan ini adalah paket yang ke 4 dengan peserta 10 orang warga binaan pemasyarakatan.

Bacaan Lainnya

Adapun seluruhnya ada 4 paket kegiatan dengan keluaran 40 orang berdasarkan DIPA SATKER LAPAS IIA PAREPARE TAHUN 2023.

“Kegiatan pelatihan kemandirian ini bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia Warga Binaan Lapas IIA Parepare, mendapatkan bekal kemampuan dan skill yang mumpuni setelah kembali ke masyarakat. Dengan harapan warga binaan pemasyarakatan kembali menjadi manusia seutuhnya yang berguna bagi bangsa dan negara sesuai dengan tujuan sistem pemasyarakatan,” ucap Totok.

Kepala Lapas IIA Parepare menegaskan bahwa seluruh peserta pelatihan setelah mengikuti kegiatan ini selain memiliki keterampilan juga mendapatkan sertifikat dari Lembaga Pelatihan Kerja YPA Handayani. Dimana setelah bebas nantinya warga binaan memiliki skill dan kemampuan sehingga bisa bersaing serta mendapatkan kesempatan untuk dapat diterima di dunia kerja dan dapat kembali melaksanakan fungsi sosialnya, baik sebagai anggota atau kepala keluarga maupun warga masyarakat.

Pelatihan Kemandirian Bersertifikat bagi Warga Binaan yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan ada 4 (Empat) paket kegiatan. Setiap paket kegiatan pelatihan kemandirian bersertifikasi berjumlah 10 orang. Selain itu Kepala Lapas IIA Parepare Totok Budiyanto, Amd.IP, SH telah melakukan koordinasi dan melakukan penandatanganan PKS dengan Dinas Tenaga Kerja dan UMKM Kota Parepare dan Balai Pelatihan Vokasi Dan Produktifitas Pangkajene dan Kepulauan Merupakan (BPVP Pangkep) sebagai Lembaga Pelatihan yang melatih dan membentuk calon- calon tenaga kerja ataupun calon wirausaha dengan memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan bagi setiap siswa-siswi yang dilatih agar mampu menghadapi kebutuhan didunia industri dan dunia usaha.

Rencana bantuan paket kegiatan Pelatihan Kerja Bersertifikasi gratis dari Dinas Tenaga Kerja Kota Parepare berupa pelatihan Meubeler dari kayu dengan peserta 16 orang. Adapun bantuan paket kegiatan sosialisasi penyuluhan dan bimbingan jabatan kepada warga binaan Lapas IIA Parepare terkait kewirausahaan telah dilaksanakan tanggal 08 Mei 2023 dengan peserta 25 orang.

Selanjutnya dari Balai Pelatihan Vokasi Dan Produktifitas Pangkajene dan Kepulauan Merupakan (BPVP Pangkep) berencana juga memberikan bantuan Paket Kegiatan Pelatihan Kerja Bersertifikasi secara gratis kepada warga binaan Lapas IIA Parepare yaitu pelatihan pembuatan kue dan roti (Bakery) dengan peserta 16 orang. Rencana pelaksanaan bulan September 2023.

Kepala Lapas IIA Parepare Totok Budiyanto, AmdIP, SH beserta jajaran terus bekerja keras kerja cerdas dan kerja ikhlas dalam memberikan pelayanan pembinaan dan bimbingan kepada warga binaan pemasyarakatan. Semoga kedepannya Lapas IIA Parepare dapat mewujudkan pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM. Kami bangga dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk warga binaan pemasyarakatan dan masyarakat. (Rilis)

Pos terkait