Mengapa Stres Bisa Mematikan? Ini Dia Alasannya

  • Whatsapp

Kumbanews.com- Kalau kamu masih menganggap stres adalah sesuatu yang biasa, apalagi saat sedang menghadapi masalah berat dalam bekerja, maka sebaiknya kamu segera mengubah pikiran tersebut dan berusaha untuk menurunkan tingkat stres.

Hal ini dikarenakan stres tidak hanya dapat mempengaruhi mental dan psikologis, tapi juga dapat merusak kesehatan serta menyebabkan berbagai penyakit berbahaya.

Bacaan Lainnya

Stres menyebabkan gangguan pada berbagai bagian tubuh, mulai dari gusi hingga jantung, dan dapat membuatmu lebih rentan terkena penyakit, menurut riset dari Association for Psychological Science.

Ketika hewan dan manusia merasakan bahaya, tubuh akan mengeluarkan reaksi sinyal dan melepaskan berbagai hormon, seperti epinefrin (adrenalin), norepinefrin, dan kortisol dari kelenjar adrenal yang terletak di atas masing-masing ginjal.

Hormon-hormon ini meningkatkan detak jantung, membuat napas menjadi semakin cepat, meningkatkan kadar gula dalam darah, dan bisa menyebabkan reaksi yang dikenal dengan nama ‘fight or flight’.

Saat respons itu terjadi, tubuh akan memakan banyak energi, sehingga proses fisik lain seperti pencernaan, reproduksi, pertumbuhan fisik, dan beberapa aspek sistem kekebalan akan melambat atau berhenti.

Sebuah riset di majalah Observer dari Association for Psychological Science, yang dipublikasikan pada Desember 2007 lalu, menemukan tikus yang stres menghasilkan terlalu banyak protein tertentu yang menyebabkan mereka bereaksi berlebihan.

Riset itu juga menunjukkan bahwa orang-orang yang mengalami stres tingkat tinggi di tempat kerja memiliki risiko diabetes tipe 2 lebih tinggi.

Penelitian tersebut juga menyinggung bahwa hormon stres dapat menyebabkan gangguan kulit, seperti psoriasis, dan eksim. Stres Kronis terbukti mempercepat pertumbuhan sel-sel prakanker dan tumor, serta menurunkan daya tahan tubuh terhadap HIV dan virus penyebab kanker, seperti virus papiloma yang menyebabkan kanker serviks.

Oleh karena itu, bila kamu sering menghadapi situasi yang penuh dengan tekanan, segeralah mencari cara untuk mengatur agar tingkat stresmu tidak terlalu tinggi.

Lakukan kegiatan-kegiatan penurun stres yang dapat menenangkan pikiran, seperti misalnya mendengarkan lagu, melakukan yoga atau meditasi, dan perbanyak olahraga ringan seperti jalan-jalan santai.

Pos terkait