Mengutamakan Kepuasan Pelanggan, UPTD BPPMB Sulsel: Semua Produk harus Pakai Tanda SNI

  • Whatsapp

Kepala Balai BPPMB Sulsel, A.Moh.Syahir,SE.M.Si

 

Kumbanews.com – Dibawa Pengawasan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Sulawesi Selatan Balai Pengawasan dan Pengendalian Mutu Barang Propinsi Sulawesi Selatan berkomitmen trus meningkatkan pencapaian – pencapaian yang telah dirapkan.

UPTD Balai Pengawasan dan Pengendalian Mutu Barang (BPPMB) mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas dinas dalam rangka pengawasan dan pengendalian mutu barang meliputi pengambilan contoh, pengujian, inspeksi teknis, fumigasi, spraying, fogging, penimbangan, kalibrasi, sertifikasi produk serta memberikan pembinaan standardisasi dalam rangka peningkatan mutu kepada para eksportir, eksportir produsen, pedagang pengumpul, petani, dunia usaha lainnya dan koordinasi teknis peningkatan mutu barang dengan lembaga lembaga terkait lainnya, dipimpin oleh kepala UPTD berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas.

Untuk itu manajemen balai pengawasan dan pengendalian mutu barang dinas perindustrian dan perdagangan provinsi Sulawesi Selatan. Memberikan pelayanan pengujian, kalibrasi dan sertifikasi produk penggunaan tanda SNI yang mengutamakan mutu serta kepuasan pelanggan. Menjamin bahwa pekerjaan pengujian,kalibrasi dan sertifikasi produk penggunaan tanda SNI dilaksanakan dengan kejujuran teknis,teliti,cepat,tepat dan akurat dan efisien dalam menggunakan sumberdaya.”ujar kepala balai, A.Moh.Syahir,SE.M.Si,di ruangan kerjanya Jl.Andi pengeran Pettarani, Jumat,25/09/2020.

Kegiatan pengujian,kalibrasi dan sertifikasi produk penggunaan tanda SNI selalu dilaksanakan berdasarkan sistem manajemen mutu yang sesuai dengan ISO/IEC 17025 : 2005 dan ISO/IEC 65: 1996.Guna memberikan jaminan konsistensi kompetensi teknis pengujian,kalibrasi dan sertifikasi produk penggunaan tanda SNI dalam lingkup kegiatannya.”kata A.Moh.Syahir, menambahkan.

Setiap kegiatan yang dilakukan balai pengawasan dan pengendalian mutu barang ( BPPMB ) Sulsel,dalam panduan mutu,prosedur dan instrusi kerja selalu didokumentasikan dan dikerjakan oleh semua personil secara profesional.

Sementara untuk retribusi pembayaran dilakukan dengan menyetor langsung ke kas daerah Tk.l Bank Sulsel atau melalui transfer antar bank.Pihak balai tidak bersentuhan dengan dana,mereka yang telah mengurus persyaratakan administarasi dapat permintaan sertifikasi atau dapat disampaikan melalui telpon atau email. Untuk penerbitan dokumen rekomendasi,eksportir atau dunia usaha cukup menunjukan copy asli bukti setoran retribusi dari bank dan copy asli laporan hasil analisa dalam keperluan ekspor.Dan untuk pelayanan kalibrasi,alat yang dikalibrasi dapat dilakukan dilokasi atau dijemput untuk dikalibrasi di laboratoriun BPPMB.Penyerahan alat dan sertifikasi kalibrasi dapat di antar langsung kepada pelanggan,pengujian yang kami lakukan baru empat kominiti pangan,biji jambu mente,biji coklat,biji kopi,rumput laut dan semen.”ulas A.Moh.Syahir,SE.M.Si (Muh.Yusuf/Echa)

Pos terkait