Menlu Retno: Kurang dari 48 Jam Generator Rumah Sakit di Gaza Bakal Mati

  • Whatsapp

Kumbanews.com -Ketahanan generator yang digunakan oleh dua rumah sakit di Gaza yakni Rumah Sakit Al Shifa dan Rumah Sakit Indonesia tidak akan lebih dari 48 jam.

Hal itu diungkap oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam Press Briefing di Ruang Palapa Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat pada Rabu (1/11).

Bacaan Lainnya

Retno mengatakan informasi tersebut didapatkan langsung dari relawan MER-C yang saat ini bertugas di Rumah Sakit Indonesia di Jalur Gaza.

“Waktu yang tersisa kurang lebih 48 jam sejak tadi pagi sebelum generator utama mengalami shutdown,” kata Menlu Retno.

Menlu Retnomenyoroti pentingnya pasokan bahan bakar menjangkau rumah sakit Gaza. Sebab, operasi dan perawatan pasien terdampak perang di sana tidak bisa dilakukan tanpa daya listrik.

Dikatakan Menlu Retno, selama dirinya menghadiri pertemuan PBB di New York, Indonesia terus mendesak agar pasokan bahan bakar, air bersih serta kebutuhan pokok dapat segera masuk ke Gaza.

“Dengan situasi ini, kita terus intensifkan komunikasi dengan berbagai pihak agar semua bantuan bisa masuk ke Gaza dengan alasan kemanusiaan,” tegasnya.

Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza sebelumnya mengumumkan bahwa kedua rumah sakit itu hanya memiliki sedikit bahan bakar untuk bisa menghidupkan generator.

Sejak Israel memutus jaringan listrik, akses bahan bakar dan air, rumah sakit di Gaza telah bertahan menggunakan generator selama lebih dari tiga pekan.

Sumber: RMOL

…….

GELORA NEWS

logo
Search…

HOME POLITIK
Wamendes Dilaporkan ke Bawaslu Setelah Galang Dukungan untuk Prabowo-Gibran
@geloranews@geloranews
1 November 2023
Wamendes Dilaporkan ke Bawaslu Setelah Galang Dukungan untuk Prabowo-Gibran

GELORA.CO – Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi atau Wamendes Paiman Raharjo dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilihan Umum atau Bawaslu setelah video rapat penggalangan dukungan kepada calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka. “Yang di dalam media sosial dan berita itu kami catat dukungan itu kepada saudara Gibran Rakabuming Raka,” kata Ketua Relawan Pusat Barisan Soekarnois-Ganjar for Presiden Ugik Kurniadi, di pelataran gedung Bawaslu, Jalan M.H Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu, 1 November 2023.

ADVERTISEMENT
Ads by

Ugik mengatakan, laporan itu diajukan setelah beredar video penggalangan dukungan kepada calon wakil presiden Gibran. Wali Kota Solo itu berpasangan dengan Prabowo Subianto yang diusung Koalisi Indonesia Maju atau KIM.

Ugi menjelaskan, aturan atau undang-undang dan dipertegas oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi supaya pejabat publik tidak mendukung salah satu cawapres. “Seperti disampaikan Presiden bahwa para pejabat publik tidak boleh berpihak, dukung-mendukung salah satu kandidat,” kata dia.

Sebelumnya, beredar potongan video berisi rapat Paiman bersama relawan Sedulur Jokowi. Dalam rapat itu, mantan Rektor Universitas Prof. Dr. Moestopo itu menjelaskan akan mendukung pasangan Prabowo-Gibran.

“Bapak-ibu kita menindaklanjuti rapat kedua. Kita sudah sepakat membantu Mas Gibran memenangkan pemilu (pemilihan umum) di 2024,” kata Paiman, dalam sebuah video pendek yang diterima Tempo, pada Senin, 30 Oktober 2023.

Paiman juga mengatakan kepada para tamu akan melaporkan hasil rapat kepada Jokowi dan Menteri Sekretariat Negara Pratikno. “Setelah rapat hasilnya apa, saya akan sampaikan kepada Pak Pratikno dan Pak Jokowi,” tutur Paiman, dalam video tersebut. Paiman mengaku itu rapat biasa yang rutin digelar Sedulur Jokowi.

Melihat potongan video tersebut, Ugik menyatakan ada indikasi pemberian lampu hijau untuk penggalangan dukungan dari Istana kepada Prabowo-Gibran. Seperti tertuang dalam video itu bahwa Paiman akan meneruskan hasil rapat kepada Jokowi dan Pratikno.

Perihal adanya pengarahan memenangkan Prabowo-Gibran, Ugik mengatakan, “artinya ada semacam lampu hijau yang dia lakukan penggalangan ke tim tadi. Kuncinya kan menggalang dukungan.”

Ugik berujar laporan tersebut sudah diterima Bawaslu. Tim tinggal menambah berbagai alat bukti tentang upaya galang massa Paiman yang dibutuhkan Bawaslu. “Kalau didiamkan saya kira itu menjadi tindakan pembiaran penyalahgunaan kekuasaan,” ucapnya.

Paiman dilaporkan oleh Pusat Barisan Soekarnois-Ganjar for Presiden dan Front Kebangsaan. Barisan Soekarnois adalah relawan yang sebelumnya mendukung Jokowi di Pemilu 2014 dan 2019 dengan menggunakan nama Barisan Nasional.

Sumber: tempo

……….

GELORA NEWS

logo
Search…

HOME HANKAM
Perang Israel – Palestina, Kapolri Ungkap Berpotensi Bangunkan Sel Teror*sme Jelang Pemilu 2024
@geloranews@geloranews
1 November 2023
Perang Israel – Palestina, Kapolri Ungkap Berpotensi Bangunkan Sel Teror*sme Jelang Pemilu 2024

GELORA.CO – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkap perang Israel – Palestina bisa berdampak akan terbangunnya sel-sel terorisme di tanah air.
ADVERTISEMENT
Ads by

Karenanya, Listyo Sigit meminta kesiapsiagaan para personelnya di tengah konflik yang kembali membara antara Israel – Palestina.

Sebab, potensi terbangunnya sel-sel terorisme dapat terjadi akibat terus memanasnya perang Israel – Palestina.

“Beberapa waktu lalu dampak dari perang Israel-Palestina tentunya juga membangkitkan sel-sel tidur yang terafiliasi dengan teroris dan mau tidak mau kita tentunya harus waspada,” kata Listyo kepada awak media, Jakarta, Rabu (1/11/2023).

Listyo menuturkan pihaknya telah menyiagakan sejumlah langkah dalam potensi sel-sel terorisme yang kembali bangkit.

Ditambah, kesiagaan terus dipertebal pihaknya dalam rangka mengawal jalannya pentas demokrasi lima tahunan yakni Pemilu 2024 serentak.

“Tentunya kita siapkan di semua wilayah kantong-kantong yang memang kita tengarai bahwa di situ banyak sel-sel tidur untuk betul-betul kita awasi secara ketat,” ungkap Listyo.

“Saya kira itu menjadi bagian tugas kita. Mudah-mudahan semuanya bisa kita laksanakan dengan baik dan semuanya bisa berjalan aman,” sambungnya.

Sebelumnya, Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri meringkus 59 terduga pelaku terorisme selama bulan Oktober 2023 ini.

Juru Bicara Densus 88 Antiteror Polri, Kombes Pol Aswin Siregar mengatakan dari 59 terduga pelaku terorisme yang ditangkap 40 diantaranya tergabung dalam jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

Menurutnya kelompok terorisme jaringan JAD berencana melangsungkan aksinya dengan berupaya menganggu jalannya kontestasi politik yakni Pemilu 2024.

“Ada yang disebut dengan kegiatan yang terencana oleh kelompok ini untuk menggagalkan atau untuk mengganggu jalannya pesta demokrasi pemilu,” kata Aswin dalam konferensi persnya di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (31/10/2023).

Aswin target sasaran oleh kelompok JAD itu yakni melakukan serangan terhadap aparat yang bertugas menjaga pengamanan selama Pemilu 2024 berlangsung.

Beruntung, aksi tersebut terbongkar usai Densus 88 Antiteror Polri meringkus sejumlah terduga tipiter yang berencana melangsungkan penyerangan pada perhelatan Pemilu 2024.

“Ada keinginan untuk menggagalkan atau untuk mengganggu jalannya proses pesta demokrasi tersebut. Mereka berencana melakukan serangan terhadap aparat-aparat keamanan yang menjadi fokus pengamanan dalam rangkaian kegiatan pemilu tersebut,” kata Aswin.

“Kita semua mengharapkan kondisi keamanan dalam negeri yang kondusif ini tetap dapat terjaga dan Densus 88 sekali lagi tidak pernah berhenti untuk terus melakukan pengawasan atau monitoring terhadap aktivitas kelompok-kelompok teror ini, baik secara jaringan maupun individu-individunya,” sambungnya.

Sumber: tvone

Pos terkait