Menteri Pertanian Mendadak Emosi Saat Bahas Krisis Pangan, Sindir Gaji Dirjen

  • Whatsapp

Kumbanews.com -Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo kembali memperingatkan terkait ancaman krisis global yang harus diperhatikan dengan serius.

“Kita harus yakin hadapi krisis pangan global. Kekuatan Indonesia harusnya sangat siap,” ucapnya dengan nada tegas saat hadir dalam diskusi publik Outlook Sektor Pertanian 2023 bersama INDEF., dikutip dari laman YouTube INDEF, Jumat (16/12/2022).

Bacaan Lainnya

Meski meyakini Indonesia mampu menghadapi ancaman krisis pada tahun 2023. Namun, ia menyebut, Indonesia harus bersiap dengan krisis pangan.

Dalam kesempatan itu, mendadak Syahrul menyinggung Dirjen Kementan yang membuatnya jengkel.

“Saya berharap ada dirjen-dirjen saya, ada direktur saya. Itu gunanya kalau jadi pejabat lah. Kita digaji oleh negara. Maafkan saya, nggak tahu ini sudah simpan ini satu bulan dua bulan, biarlah muntah di sini” kata Mentan.

Indonesia Jadi Produsen pangan

Syahrul berharap, Indonesia tidak hanya sekedar bertahan dari krisis melainkan juga menjadi pemasok untuk negara lain.

Ia juga mendorong agar masyarakat mulai memanfaatkan lahan pekarangan untuk ditanami tanaman guna memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Terutama di Jawa, karena lahan nggak bertambah, ayo masuk di lahan pekarangan. Minimal untuk kebutuhan sehari-hari bisa terpenuhi, menurunkan distorsi inflasi,” ujar dia.

“Jangan hanya bergantung pada beras. Kekuatan diversifikasi makanan lokal, termasuk talas, ubi, singkong, sagu, harus tetap didorong,” sambungnya.

Source: suara

Pos terkait