Modul Kamera Raksasa Siap Dipasang di Teleskop Chili, Bisa Mengungkap Misteri Semesta

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Setelah lebih dari 20 tahun perencanaan, modul Kamera LSST siap dikirim ke Chili untuk dipasang pada Teleskop Survei Simonyi di Observatorium Vera C. Rubin pada akhir tahun ini.

Rampungnya Kamera LSST, yang mampu menangkap gambar berukuran 3.200 megapiksel, diumumkan baru-baru ini oleh Laboratorium Akselerator Nasional SLAC (Stanford Linear Accelerator Center).

Kamera yang akan dipasang pada teleskop yang ditempatkan di Chili diharapkan dapat membantu mengungkap sejumlah misteri terbesar di alam semesta. Modul kamera LSST dilaporkan telah dibuat selama lebih dari dua dekade, namun konstruksinya baru disetujui oleh Departemen Energi AS (DoE) pada tahun 2015.

Teknisi di Laboratorium Akselerator Nasional SLAC DoE berhasil mengumpulkan susunan modul sensor yang sangat besar pada awal tahun 2020, yang terdiri dari 189 sensor individu 16 megapiksel, dan pengukuran foto komposit pertama diambil pada bulan September. Insinyur dan mitra SLAC kini telah menyelesaikan perakitan semua komponen, termasuk bingkai, lensa, dan sensor. Sensor CCD yang dirancang khusus dalam susunan 3,2 gigapiksel sekarang berjumlah 201, dengan setiap piksel berukuran lebar sekitar 10 mikron. Bidang fokus telah ditutup dalam ruang vakum dengan lensa selebar 3 kaki sementara lensa depan dilaporkan berukuran diameter lebih dari 5 kaki (1,5 m). Lensa ketiga dalam pengaturan kamera diproduksi oleh Lawrence Livermore National Laboratory.

“Gambar-gambarnya sangat detail sehingga bisa menangkap bola golf dari jarak sekitar 15 mil, sekaligus mencakup petak langit tujuh kali lebih luas dari bulan purnama,” kata Aaron Roodman, Wakil Direktur dan Pimpinan Proyek Kamera di Vera C. Observatorium Rubin, seperti dikutip dari Atlas Baru , Sabtu (6/4).

Selain membuka jalan untuk lebih memahami komposisi alam semesta, proyek berdurasi 10 tahun ini diharapkan dapat mengungkap rahasia dari galaksi Bumi. Sensitivitas kamera LSST diharapkan memungkinkan peta Bima Sakti yang jauh lebih rinci, menghasilkan wawasan tentang struktur dan evolusinya serta sifat bintang dan objek lain di dalamnya.

Para ilmuwan juga berupaya memperbesar objek-objek yang lebih kecil di tata surya kita untuk menghasilkan gambaran yang lebih lengkap tentang tetangga terdekat kita, bagaimana sistem kita terbentuk, dan bahkan mengidentifikasi ancaman yang datang dari asteroid.

“Lebih dari sebelumnya, memperluas pemahaman kita tentang fundamental fisika memerlukan pandangan lebih jauh ke alam semesta,” kata Kathy Turner dari Cosmic Frontier Program DoE.

“Dengan Kamera LSST pada intinya, Observatorium Rubin akan menyelidiki kosmos lebih dalam dari sebelumnya dan membantu menjawab beberapa pertanyaan tersulit dan penting dalam fisika saat ini,” ujarnya.

RMOL

Pos terkait