Nurdin Abdullah ke Kadis Pendidikan Sulsel: Kembalikan Kepsek dan Guru yang Dimutasi

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Perintah Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah kepada Kadis Pendidikan Sulsel agar mengembalikan guru dan para Kepala Sekolah yang dimutasi jauh dari tempat tinggal keluarganya, adalah cermin pemimpin berhati nurani sekaligus simbol kalau NA Gubernur yang berpihak pada pendidikan. Hal tersebut, mendapat tanggapan dari aktivis Forum Peduli Pendidikan Sulsel yang juga Ketua Forum Komite Sekolah Makassar, Bachtiar Adnan Kusuma, Selasa 10 September 2018, ┬ádi Parangtambung.

Bacaan Lainnya

Menurut BAK, ada sembilan kesalahan arah proses pendidikan kita, di antaranya profesi guru yang terkesan menjadi profesi ilmiah toh, kurang disertai dengan bobot profesi kemanusiaan sehingga hubungan guru dan siswa terkesan sebagai hubungan produsen dan konsumen. Akibatnya, kata Ketua Paguyuban Orang Tua Mahasiswa Fakultas Psikolologi UNM ini, kedudukan guru belum terajut dengan kaidah-kaidah akademik dengan berdasar pada keilmuan tertentu. ” Sudah saatnya setiap guru harus mendapat perlakuan yang nyaman dalam mengajar dan mendidik siswa siswinya dengan mendekatkan guru dan keluarganya”, papar BAK. Karena itu, guru butuh political will yang kuat dari pemerintah agar memperoleh jaminan mengajar dan mendidik yang nyaman dan sehat.” Kami berharap pada semua pihak terutama pemerintah tak menggiring guru-guru ke pusaram politik praktis.” Biarkan guru bekerja dengan baik, nyaman dan tidak lagi was-was karena mau dipindahkan, apalagi dipisahkan jauh dari keluarganya.

Sementara itu, lemahnya manajemen pendidikan, di samping belum terwujudnya kemandirian dan keunggulan ilmu pengetahuan dan teknologi di kalangan akademisi. Kita harus pikirkan sekarang, agar tidak terjadi ketimpangan pemerataan pendidikan juga terjadi antarwilayah geografis.

Karena itu, upaya Gubernur Sulsel NA mengembalikan guru dan Kepsek yang dipindah tugaskan jauh dari keluarganya adalah sikap dan langkah fositif bagi dunia pendidikan di Sulsel. ” Saatnya guru dan Kepsek mendapat karpet merah dari pemimpinnya agar dunia pendidikan Sulsel lebih maju lagi” kunci Pembelajar dan motivator Nasional ini.

Syamsul Bachri, S.H.M.H. Aktivis Forum Peduli Pendidikan Sulsel, setuju atas langkah NA ” Ini baru pemimpin, semoga bisa terus berinovasi, dan menjadi contoh dan kita dukung program dan kebijakan pro rakyat”.

Pos terkait