Pemkab Maros Kembali Adakan Nikah Gratis, Targetkan 50 Pasangan

  • Whatsapp

Kumbanews.com — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros kembali mengadakan nikah gratis, dimana kegiatan tersebut akan ditargetkan mencapai 50 pasangan.

Nikah gratis ini rencananya akan dirangkaikan dengan peringatan HUT ke-65 Pemkab Maros, di Mall Pelayanan Publik (MPP), pada Jumat 5 Juli 2024 mendatang.

Bacaan Lainnya

Pemprov Sulsel
Kadis PTSP Maros, Nuryadi mengatakan nikah Massal ini merupakan kali kedua dilaksanakan di Maros.

“Ini merupakan kali kedua kita gelar nikah gratis secara massal, dengan jumlah peserta insyaallah lebih banyak dari tahun kemarin,” katanya usai rapat persiapan nikah Massal di MPP Maros, Senin (03/06).

Ia menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan hasil kerja sama dengan Kemenag Maros dan DPC Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia (HARPI) Kabupaten Maros.

Kemudian, Nuryadi menjelaskan bahwa nikah gratis ini bertujuan untuk membantu masyarakan kurang mampu untuk bisa melangsungkan pernikahan.

Kepala Kemenag Kabupaten Maros, Muhammad menjelaskan bagi pasangan yang ingin mendaftar nikah gratis, bisa langsung datang ke Kantor Kemenag dan membawa sejumlah persyaratan administratif.

Salah satunya surat, yaitu keterangan tidak mampu dari desa atau kelurahan.

“Syarat-syarat yang berhubungan administrasi nikah harus dibawa ke KUA, nanti akan dicatat di sana dan diberikan rekomendasi untuk tempat nikah di serbaguna atau di MPP,” tambahnya.

Pada kegiatan ini, buku nikah bisa langsung terbit begitu selesai akad nikah.

Muhammad menyebutkan pengantin bisa menghemat hingga jutaan rupiah jika ikut kegiatan ini.

“Lebih hemat karena rias pengantin gratis, buku nikah juga gratis, normalnya itu harus menyetor ke negara Rp600 ribu, saksi tidak dibayar, dapat BPJS dan fasilitas dari pemerintah selama proses nikah ini,” sebutnya.

Sementara itu Sekretaris DPC HARPI Maros menyebutkan akan menyediakan sedikitnya 50 jasa rias pengantin khusus untuk acara ini. Menurutnya, kegiatan ini juga bisa menjadi ajang promosi bagi perias yang turut berpartisipasi.

Nantinya hasil riasan pengantin mereka juga akan dilombakan dan mendapatakan penilaian dari para dewan juri.

“Insyaallah kami menyedikan jasa rias sesuai jumlah pasangan yang ikut, kalau 50 pasangan artinya akan ada 50 penata rias yang kami datangkan,” tutupnya.
…….

Pos terkait